Kaget Pas Liat Kumparan.com, Ternyata Situs Berita yang Keren juga

Kaget Pas Liat Kumparan.com, Ternyata Situs Berita yang Keren juga – Tadinya saya lagi mencari informasi tentang informasi tempat wisata di Korea Selatan di Google. Hingga pada akhirnya saya sampai pada postingan artikel situs Kumparan.com dengan judul artikel “7 Destinasi Wisata di Korea Selatan yang Terkenal karena Drama Korea”.

Langsung deh saya buka tautan ini itu di Kumparan.com. Sampai pada akhirnya saya paham bahwa Kumparan adalah perpaduan antara situs berita dan sosial media. Dalam hatiku berkata ” keren juga andai saja aku bisa buat situs seperti ini”. Tapi sayanya saya belum bisa ngoding haha.

Saya sempat melihat juga tuh tautan pada footer website Kumparan ada tautan tentang kumparan, bantuan, ketentuan dan kebijakan privasi, panduan komunitas, pedoman media siber, iklan, dan karir. Jika dilihat dari tautan yang disediakan terlihat bahwa situs ini merupakan situs yang profesional dan kredibel.

Dari informasi di tentang Kumparan saya juga menemukan nama Budiono Darsono sebagai presiden komisaris. Saya seperti mengenal nama ini, saya coba ingat-ingat tapi lupa. Coba cari di Google tentang Kumparan.com, akhirnya ketemu artikel dari Techinasia. Ternyata Budiono Darsono adalah pendiri situs berita Detik.com, tadi saya hampir lupa.

Melihat deretan nama yang muncul di Kumpuran, wajar jika website ini tidak membutuhkan waktu lama langsung ngetop. Buktinya rangking Alexa Kumparan meningkat secara drastis. Dalam waktu dekat Kumparan akan mampu bersaing dengan situs seperti INDtimes, Hipwee atau Kompasiana. Untuk masa depan, mungkin bisa lebih ngetop dibandingkan dengan Hipwee, INDtimes dan Kompasiana.

Baca juga:  Apakah yang Dimaksud dengan Amnesia Digital dan Bahayanya?

Dilihat dari gaya bahasa yang disampaikan di Kumparan, artikelnya kemungkinan lebih banyak dibaca oleh kalangan muda. Bahasa yang disampaikan lebih mudah dicerna, santai, tidak terlalu kaku dan khas gaya anak muda.

Selain itu Kumparan juga mengusung konsep perpaduan antara situs berita dan sosial media. Fitur sosial media terlihat pada kolom profil penulis ada tombol ikuti dan pengikut. Jadi kalau punya penulis favorit di Kumparan bisa langsung di ikuti atau difollow. Secara tidak langsung Kumparan agak mirip dengan Twitter atau Instagram.

Jika melihat logo Kumparan saya jadi teringat logo Telkom University, gaya huruf U mirip banget soalnya. By the way situs Kumparan ini keren. Boleh juga yang punya jiwa jurnalisme, punya tulisan yang menarik, jiwa idealisme, atau ide brilian mungkin bisa bergabung disana.

Satu lagi, kabarnya Kumparan ini baru berdiri pada pertengahan 2016. Masih baru tapi Kumparan.com punya peluang jadi situs besar.

Staff Editorial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke atas