Pemerintah Daerah dan Pusat Perlu Meningkatkan Pemasaran Pariwisata Melalui Sosial Media

Pemerintah Daerah dan Pusat Perlu Meningkatkan Pemasaran Pariwisata Melalui Sosial Media – Indonesia memang memiliki banyak pengguna sosial media. Sosial media apapun terutama sosial media yang sudah terkenal, pasti banyak penggunanya yang berasal dari Indonesia. Contoh sosial media yang penggunanya banyak berasal dari Indonesia adalah Facebook, Twitter, Youtube dan juga Instagram.

Sesuai dengan misi pemerintah yang ingin meningkatkan pariwisata, maka pemerintah perlu untuk menggunakan sosial media sebagai media promosi pariwisata Indonesia. Pemerintah sendiri memiliki anggaran khusus untuk memajukan pariwisata, dengan anggaran yang ada maka baiknya bisa dialokasikan untuk promosi pariwisata Indonesia di sosial media.

Pemerintah Daerah dan Pusat Perlu Meningkatkan Pemasaran Pariwisata Melalui Sosial Media

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika mempromosikan pariwisata melalui sosial media. Hal ini dikarenakan promosi menggunakan sosial media lebih efektif, tepat sasaran dan biaya yang dikeluarkan murah. Tak heran jika sosial media ini jadi tempat bagi banyak perusahaan untuk mempromosikan usahanya.

Salah satu kota yang berhasil promosi melalui sosial media adalah kota New York di #Amerika Serikat. New York berhasil mempromosikan kotanya menggunakan sosial media. Hampir dibanyak sosial media, kota New York ini menjadi kota yang terkenal disosial media.

Di Instagram saja hashtag #newyork jumlahnya lebih dari 30 juta orang. Ini artinya sebanyak lebih 30 juta postingan foto atau video di Intagram menceritakan tentang New York. Belum lagi disosial media Twitter, Facebook dan Youtube mungkin akan lebih banyak lagi informasi tentang kota New York yang bisa ditemukan.

Baca juga:  Pentingnya Agama untuk Mengontrol Moral dalam Kehidupan Bermasyarakat

Ini baru kota New York saja, diluar sana ada banyak lagi kota yang populer disosial media seperti New York. Kota lain yang terkenal disosial media diantaranya Istanbul (Turki), Barcelona (Spanyol), Chicago (Amerika Serikat) dan banyak lagi.

Selain diluar negeri di Indonesia sendiri ada Banyuwangi berhasil meningkatkan pariwisatanya melalui sosial media. Keberhasilan dibuktikan oleh penghargaan Social Media Award yang didapatkan oleh Banyuwangi. Penghargaan Social Media Award ini sudah didapatkan beberapa kali, kali ketiganya pada 19 Oktober 2016.

Penghargaan yang didapatkan oleh Banyuwangi diberikan oleh salah satu majalah nasional bersama konsultan pemasaran Frontier dan lembaga riset media sosial Mediawave.

Kesimpulan yang bisa diambil adalah pemerintah perlu meningkatkan promosi atau pemasaran pariwisata melalui sosial media, karena terbukti berhasil. Banyak kota diluar sana yang berhasil mempromosikan pariwisatanya menggunakan sosial media.

Salah satu cara yang bisa ditempuh yaitu dengan menggandeng akun sosial media lokal atau luar negeri untuk membantu menyebarluaskan informasi #wisata suatu daerah melalui sosial media.

Bentuk lain yang bisa dilakukan memberikan penghargaan dalam bentuk apapun kepada akun yang konsisten dalam memberikan infomasi wisata melalui sosial media.

Kunjungi: Travel Bertravel

*)

Staff Editorial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas