Hati-hati di Indonesia Masih Banyak Travel Umroh dan Haji Bodong yang Rentan dengan Penipuan

Hati-hati di Indonesia Masih Banyak Travel Umroh dan Haji Bodong yang Rentan dengan Penipuan – Beberapa waktu yang lalu Indonesia dihebohkan dengan kejadian travel haji bodong. Travel haji ini membawa sejumlah jamaah calon haji dari Indonesia melewati Filipina.

Ini menyebabkan banyak jamaah calon haji yang gagal berangkat ketanah suci. Dengan berbagai cara pihak travel mempalsukan dokumen penting seperti kartu identitas, passport dan lain sebagainya untuk membawa jemaah haji dari Indonesia agar bisa berangkat ke tanah suci.

Dampak yang terjadi karena kasus ini ada banyak sekali diantaranya:
a. Gagal berangkat haji
b. Kerugian materi seperti uang dan lain sebagainya
c. Kerugian waktu seperti waktu yang terbuang sia-sia
d. Mencemarkan nama baik sendiri karena bisa tertipu.

Belajar dari kasus yang terjadi maka perlu kiranya kita untuk memperhatikan bahwa jangan sampai kita bisa tertipu. Ada yang mengaku perusahaan travelnya sudah mendapatkan izin dari departemen agama Republik Indonesia, dan lain sebagainya. Sebenarnya tidak murni tertipu, karena mungkin para calon jamaah haji sudah mengetahui hal ini. Namun yang jelas karena masalah ini, tujuan yang diinginkan jadi tidak tercapai.

Ini karena kasusnya besar dan jumlah korbannya banyak maka kejadian ini menjadi berita utama di sejumlah media baik itu televisi dan juga internet. Namun diluar sana ada banyak kasus penipuan yang tidak diliput oleh media. Kasus penipuan oleh travel bodong ini menyasar ke orang-orang didaerah yang minim informasi, kurang wawasan dan referensi tentang perusahaan travel dan umroh.

Mau Buat Website Sesuai Budget?

Agar kejadian yang sama tidak terulang lagi, perlu kiranya bagi kawan-kawan yang lain, jika ingin berangkat haji atau umroh memperhatikan perusahaan travel yang digunakannya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan travel haji dan umroh diantaranya.

Baca juga:  Asal usul berdirinya Kampung Rawang Air Putih di Siak

1. Reputasi perusahaan travel dan umroh
Perusahaan yang memiliki reputasi yang baik bisa diketahui dari testimoni orang lain. Reputasi juga bisa dicari menggunakan internet. Lihat rekam jejak perusahaan dari waktu ke waktu untuk layanan jasa travel haji dan umroh.

2. Surat izin usaha travel haji dan umroh
Jika ingin menggunakan jasa travel umroh sebaiknya perlu melihat bukti surat izin usaha ataupun surat izin layanan jasa travel haji dan umroh. Perhatikan lagi keasliannya karena bisa saja menipu (karena suratnya tidak asli).

3. Lihat penawaran harga yang ditawarkan
Untuk perusahaan jasa travel umroh dan haji biasanya ada jumlah biaya yang ditawarkan kepada konsumen. Biasanya antara perusahaan yang satu dengan yang lain perbedaan harganya tidak terlalu jauh. Jika perbedaan harganya terlalu jauh maka kita harus curiga.

4. Jangan langsung percaya, cari informasi tambahan
Sebelum tertipu ada baiknya mencari informasi tambahan lainnya. Cari informasi sebanyak-banyaknya. Jangan langsung percaya dengan produk yang ditawarkannya. Jangan menerima mentah-mentah informasi yang disampaikannya. Jika dirasa cukup barulah putuskan pilihan untuk menggunakan jasa perusahaan travel umroh dan haji tersebut.

Kesimpulannya
Pada intinya perlu bagi kita sebagai pengguna jasa travel haji dan umroh dalam memperhatikan, menyelidiki, mengetahui perusahan jasa travel haji dan umroh yang digunakan. Jika bingung, cobalah bertanya kepada orang yang lebih paham agar nantinya kejadian serupa tidak terjadi lagi.

Baca juga:  Foto Bagus Bukan Hanya Faktor Aplikasi tapi Juga Faktor Kamera dan Teknik Fotografi

*)

Tinggalkan komentar