Zomato: Komunitas dan situs pencarian restoran, kafe dan rumah makan

Zomato: Komunitas dan situs pencarian restoran, kafe dan rumah makan – Zomato adalah situs pencarian restoran, kafe, dan rumah makan yang berasal dari India. Zomato bermarkas di New Delhi, India. Zomato saat ini sudah tersedia di lebih dari 150 kota di 23 negara didunia termasuk Indonesia. Di Indonesia, Zomato tersedia hanya untuk kota besar seperti Jakarta dan Bali, mungkin kota lainnya akan segera menyusul.

Selain tersedia dalam bentuk situs website Zomato juga tersedia dalam bentuk aplikasi mobile Android, iOS, Windows Phone dan BlackBerry. Aplikasi Zomato cukup populer digunakan di Indonesia.

Zomato: Komunitas dan situs pencarian restoran, kafe dan rumah makan

Zomato tersedia dalam beberapa bahasa seperti bahasa Inggris, bahasa Indonesia, bahasa India, bahasa Portugis, dan bahasa Turki. Layanan yang diberikan oleh Zomato mirip dengan layanan Yelp dan Foursquare.

Zomato ini bisa sebut sebagai situs komunitas atau sosial media pecinta kuliner. Di Zomato pengguna bisa berbagi informasi, review dan foto dari restoran tertentu. Di Zomato pengguna bisa berbagi foto di Zomato dan Instagram secara bersamaan.

Zomato didirikan oleh Deepinder Goyal, Pankaj Chaddah dan Gunjan Patidar. Berdirinya Zomato berawal secara tidak sengaja. Ada kisah unik dibalik berdirinya Zomato yaitu ketika mereka bekerja di Bain and Company pada tahun 2008. Sebelum menggunakan nama Zomato, namanya adalah Foodiebay.

Zomato secara resmi berdiri pada Juli 2008 dengan nama Foodiebay. Kemudian pada 2010 nama Foodiebay diganti menjadi Zomato hasil dari rekomendasi beberapa pihak. Nama Foodiebay diganti menjadi Zomato karena khawatir mendapat tuntutan dari Ebay. Lagipula Foodiebay ada kata ebay-nya.

Baca juga:  Apakah Hao123 yang terpasang dibrowser berbahaya?

Managing Director Sequoia Capital India
Advisors, Mohit Bhatnagar menyebutkan bahwa Zomato menjadi perusahaan internet pertama asal India yang berbasis konsumen dengan produk kelas dunia.

Selama perkembangannya Zomato mendapatkan investasi lebih dari 225 juta dollar atau sekitar 3 triliun rupiah. Beberapa investor besar juga tercatat pernah berinvestasi di Zomato seperti Sequoia Capital, Temasek Holdings, Vy Capital, dan Info Edge. Saat ini Info Edge adalah pemegang saham terbesar di Zomato.

Sumber penghasilan Zomato berasal dari iklan.

*Sumber: Zamato, Wikipedia, Tempo, Tech In Asia, Daily Social)

Haryono

Capek nulis, akhirnya beralih jadi tukang iklan. Melayani jasa fb ads, ig ads, google ads, buat web, buat landingpage, buat blog, buat artikel seo. Hubungi aja 0852-1172-4490.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas