Tujuan dan Manfaat Kegiatan Blogging bagi Blogger

Tujuan dan Manfaat Kegiatan Blogging bagi Blogger – Banyak orang yang bertanya-tanya apa saja yang saya lakukan dengan blog saya. Banyak yang merasa heran karena saya sanggup berjam-jam duduk di depan laptop hanya untuk menuliskan satu atau dua buah artikel, lalu diposting di blog. Bagi masih ada yang bertanya apa saja kegiatan blogging, jawabannya simpelnya blogging adalah kegiatan tulis menulis.

Apa pun yang kita ingin kan bisa dituliskan di blog mulai dari berita, opini, curhatan pribadi, tutorial serta tips dan trik, foto, video dan banyak lagi yang bisa dibagikan di blog. Tapi saat ini yang mengelola blog bukan hanya blogger personal seperti saja, bahkan beberapa situs besar dan beberapa perusahaan company juga mengunakan blog.

Tujuan dan Manfaat Kegiatan Blogging bagi Blogger
Sumber: Pixabay

Apa Tujuan Ngeblog?

Jika ada yang bertanya “apa tujuan ngeblog?”, itu kembali lagi kepada orang-orang yang ngeblog tersebut. Saya sebagai blogger juga tidak bisa menyamaratakan tujuan dari masing-masing blogger. Tiap-tiap blogger memiliki kepala yang berbeda, dan tiap-tiap kepala memiliki pemikiran yang berbeda-beda pula. Beberapa tujuan yang biasanya dimiliki para blogger adalah.

1. Nge-blog untuk Sekedar Mengeluarkan Uneg-Uneg

Blogger tipe seperti ini adalah blogger yang suka curhat. Bisa dibilang blog yang mereka buat sebagai blog diary. Blogger tipe seperti ini hampir sama seperti ketika awal-awal saya ngeblog. Di awal-awal kegiatan blogging saya suka menuliskan apa saja yang ingin saya tulis, entah itu perasaan atau yang lain sebagianya.

Baca juga:  HTMLy - platform blog open source yang hemat hosting, ringan, seo dan asli Indonesia

2. Blog yang Berisi Tentang Tutorial

Blog tutorial ini banyak berkembang di Indonesia, bahkan mungkin di dunia. Blog tutorial ini begitu dikenal karena keberadaannya sangat membantu dalam kehidupan sehari. Ada berbagai macam tutorial bisa kita temui, baik itu toturial komputer, handphone, atau pun tutorial yang lain-lainnya.

Jujur saja saya katakan, toturial seperti ini sangat bermanfaat karena toturial di blog biasanya lebih uptodate, dan bahasa yang digunakan lebih mudah dipahami dibandingkan dengan bahasa buku yang cenderung baku dan ilmiah.

3. Blog Untuk Berbisnis Online

Saat ini blog bukan hanya sebagai tempat tulis menulis saja, tapi di blog kita juga bisa melakukan kegiatan bisnis misalnya untuk berjualan dengan menawarkan jasa atau berjualan dengan menawarkan jasa. Ada berbagai macam bentuk bisnis online yang bisa kita lakukan di blog hanya saja tidak banyak orang yang mengetahuinya.

Sebagai contoh saya pernah menemukan blog yang menawarkan jasa konsultasi SEO, menurut saya ini merupakan salah satu bentuk bisnis yang banyak dijalankan. Ada beberapa blog lain yang menawarkan jasa yang lainnya, baik itu jasa konsultasi bisnis dagang atau bisnis lainnya. Ada pula yang menjual ebook di blognya, ada pula yang menjual barang seperti pakaian dan banyak lagi.

4. Blog yang Bertujuan untuk Mendapatkan Penghasilan

Ada banyak blogger yang bergantung untuk mendapatkan penghasilan dan pendapatan dari kegiatan blogging. Jumlahnya juga bermacam-macam, mulai dari yang berpenghasilan ratusan ribu rupiah hingga milyaran rupiah sudah mereka dapatkan. Sehingga dengan kegiatan blogging banyak yang berhasil menggangkat derajat ekonominya.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan panghasilan dari blog, bisa dengan berbisnis online lewat blog, dengan menerima pemasangan iklan di blog, menjadi publiher iklan misalnya Google Adsense, atau mengikuti program affiliasi, dan banyak lagi cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan dari blog.

Baca juga:  7 Cara Mengatasi Persaingan Keyword di Mesin Pencari

5. Blog Sebagai Tempat untuk Marketing

Secara sederhana marketing itu terdiri dari 4P yaitu price, promotion, place, dan product. Tapi banyak orang beranggapan jika marketing itu hanya promosi saja, padahal bukan hanya itu banyak lagi bentuk marketing.

Oleh sebab itu, marketing alias promosi yang dilakukan perusahaan lewat internet dengan mengelola blog situs perusahaannya. Tujuannya agar perusahaanya atau produknya tetap dikenal orang mereka pun menyediakan space bog di web perusahaan.

6. Ngeblog sebagai Ajang untuk Berlatih Tulis Menulis

Mungkin inilah yang saya lakukan saat ini, tujuan saya ngeblog adalah berlatih menulis. Jujur saja saya itu awalnya paling tidak bisa tulis menulis, menulis 100 kata saja menurut saya sudah sulit. Tapi semakin sering menulis semakin mudah saya menelurkan ide-ide baru dan mengungkapkan melalui tulisan di blog. Dengan menulis saya juga semakin tau bagaimana caranya agar orang lain bisa mengerti apa yang saya sampaikan.

Selain itu dengan menulis di blog saya semakin paham bagaiamana cara mengetik yang cepat dipapan keyboard, semakin sering menulis semakin cepat pula saya menulis dipapan keyboard laptop atau keyboard komputer. Saya yang awalnya berasal dari kampung yang tidak mengerti apa-apa bagaimana mengetik di keyboard menjadi lebih banyak paham.

Banyak orang-orang yang ngeblog ingin mendapatkan penghasilan dari blog, tapi berbeda dengan saya yang sama sekali tidak pernah mendapatkan penghasilan atau pendapatan dari blog. Balik lagi ketujuan awal saya yaitu ngeblog hanya untuk berlatih tulis menulis jadi saya tidak terlalu menghiraukan pendapatan atau penghasilan dari blog. Meskipun saya tidak mendapatkan pendapatan berupa uang bahkan malah saya yang harus mengeluarkan uang untuk kuota internet, tapi ada benefit atau manfaat lain yang saya dapatkan.

Baca juga:  7 Alat Penghitung Pageviews dan Visitor Blog

Sederhana saja, meskipun saya tidak mendapatkan apa-apa dari blog ini saya sudah cukup senang jika tulisan saya dibaca oleh banyak orang dan bisa bermanfaat bagi mereka, sehingga bisa mempermudah dan membantu apa yang mereka butuhkan.

Jika rasanya dari penjelasan saya masih ada yang kurang bisa ditambahkan saja sendiri, karena saya hanya menuliskannya hanya sebagian saja dan tidak terlalu banyak. Tujuannya bermacam-macam tapi yang paling umum yang umum sudah saya sebutkan.

Apa Manfaat yang Bisa di Dapatkan dari Ngeblog?

Jika ada yang bertanya lagi apa yang manfaat yang didapatkan dari ngeblog, jawabannya tidak bisa dijelaskan satu persatu karena begitu banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dari ngeblog diantaranya.

  • Bisa mengeluarkan semua uneg-uneg yang ingin sampaikan lewat blog, tapi yang pestinya tidak mencemarkan nama baik orang lain.
  • Bisa merasakan bagaimana indahnya berbagi ilmu yang kita miliki dengan orang lain.
  • Bisa mendapatkan penghasilan dan pendapatan dari blog, sebagai imbalan atas kerja keras dan usaha dari blog yang kita kelola.
  • Bisa mendapatkan lebih banyak wawasan, informasi dan ilmu baru ketimbang orang lain.
  • Bisa dengan mudah mengeluarkan atau memunculkan ide-ide baru.
  • Bisa memahami bagaimana sulitnya menulis, sehingga kita bisa menghargai karya atau tulisan orang lain.
  • Menjadi lebih dikenal oleh orang-orang di dunia maya atau dunia nyata.
  • Dan banyak lagi yang bisa kita dapatkan dari ngeblog.

Kesimpulannya

Itulah beberapa tujuan dan manfaat yang bisa kamu dan saya dapatkan dari sebuah blog. Mungkin diluar sana ada banyak pendapat lain mengenai tujuan dan manfaaat ngeblog.

*)

Staff Editorial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke atas