[Share pengalaman] Membangun situs website besar membutuhkan modal yang besar pula

[Share pengalaman] Membangun situs website besar membutuhkan modal yang besar pula – Mungkin banyak orang yang berpikir dan bertanya tentang bagaimana membuat situs besar seperti Kaskus, WordPress, Facebook, Google, Yahoo, Detik, Kompas, Liputan6, Youtube, Twitter, Tribunnews, Bukalapak, Tokopedia, Kompasiana, Yahoo dan lainnya.

Membangun situs besar sebenarnya cukup mudah apalagi kalau sudah tau cara dan ilmunya. Saya sendiri pernah membangun situs dengan domain www sendiri. Lebih tepatnya saya membuat situs blog dengan tema teknologi, game dan bisnis.

[Share pengalaman] Membangun situs website besar membutuhkan modal yang besar pula

Butuh waktu lebih dari 4 tahun untuk membangun situs blog tersebut. Semuanya berawal dari Blogspot kemudian saya memindahkan ke WordPress Self Hosting atau WordPress dengan hosting yang ditanggung sendiri.

Setelah pemindahan dari Blogspot ke WordPress dampaknya positif. Penghasilan dari iklan makin banyak, tawaran kerjasama iklan semakin berdatangan.

Intinya setelah menggunakan WordPress pengunjung dan pemasang iklan semakin percaya dan yakin kalau situs yang saya miliki adalah situs yang profesional. Trafik yang saya dapatkan lebih dari 300 ribu pageviews dan lebih dari 150 ribu visitor unik setiap bulannya.

Tapi sayangnya ini tidak berlangsung lama karena saya kewalahan membayar jasa hosting. Jatah hosting 1 GB yang saya gunakan masih kurang untuk menampung sekitar 400 sampai 500 artikel yang saya miliki. Bayaran hosting dan domain yang harus saya bayar kurang sedikit lagi 500 ribu rupiah untuk satu tahunnya.

Baca juga:  Cekresi - Situs layanan cek resi online dari 38 kurir dalam dan luar negeri

Saya yang ketika itu masih menjadi mahasiswa kewalahan membayar sewa jasa hosting. Meskipun cuma segitu tapi tetap saja itu uang. Daripada saya tidak makan saya lebih mementingkan perut ketimbang situs blog. Selain itu saya juga harus membagi waktu dan uang untuk skripsi.

Tentunya dari pengalaman pribadi ini saya bisa membayangkan bahwa untuk membangun situs besar membutuhkan biaya, modal dan pengorbanan yang besar.

Situs blog yang kecil seperti itu saja sudah menghabiskan uang sekian ratus ribu rupiah. Padahal blog kecil tapi uangnya saja sudah segitu.

Bisa kita bayangkan bahwa situs besar seperti Kaskus, WordPress, Facebook, Google, Yahoo, Detik, Kompas, Liputan6, Youtube, Twitter, Tribunnews, Bukalapak, Tokopedia, Kompasiana dan Yahoo menghabiskan uang lebih banyak lagi. Mungkin untuk keperluan hosting mereka menghabiskan uang ratusan juta atau miliaran rupiah.

Untuk itu bagi teman-teman yang ingin membuat situs seperti Kaskus, WordPress, Facebook, Google, Yahoo, Detik, Kompas, Liputan6, Youtube, Twitter, Tribunnews, Bukalapak, Tokopedia, Kompasiana dan Yahoo harus direnungkan kembali. Kumpulkan modal yang cukup, cari ilmu sebanyak-banyaknya agar tidak gagal ditengah perjalanan.

Mungkin sama seperti teman-teman sampai saat ini saya masih berharap, berkeinginan, dan bercita-cita untuk memiliki sebuah perusahaan media online terkemuka yang fokus membahas bidang teknologi dan bisnis. Makanya sampai saat ini saya terus belajar dan mengumpulkan modal untuk mewujudkan cita-cita saya.

Baca juga:  Apakah seharusnya website saya menggunakan CDN atau Cloudflare?

Tidak boleh menyerah dan patah semangat. Kalau kita mau berusaha maka kita bisa mewujudkan apa yang kita cita-citakan.

Itulah sharing pengalaman saya yang pernah membangun situs website dengan modal yang terbatas. Semoga pengalaman ini bisa bermanfaat, silahkan dishare jika informasi ini berguna.

Jangan lupa mampir lagi kesini lagi untuk mencari dan berbagi informasi teknologi. Jangan lupa bergabung di Bertravel Forum.

Image source: Pixabay

_

Haryono

Capek nulis, akhirnya beralih jadi tukang iklan. Melayani jasa fb ads, ig ads, google ads, buat web, buat landingpage, buat blog, buat artikel seo. Hubungi aja 0852-1172-4490.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke atas