[Share] Dialog dengan petugas TIKI (Titipan Kilat) mengenai cara pengiriman madu ke luar kota

[Share] Dialog dengan petugas TIKI (Titipan Kilat) mengenai cara pengiriman madu ke luar kota – Sore itu hari cukup terik, saya pakai sepeda motor dibonceng paman saya pergi kepasar untuk membeli keperluan rumah tangga. Sebelum belanja si paman cukur rambut dulu. Setelah selesai dari tukang cukur langsung belanja keperluan rumah tangga. Setelah belanja langsung kami meluncur ke TIKI.

***

Saya: Bang boleh tanya.

Petugas Tiki: Mau nanya apa bang?

Saya: Begini bang saya rencananya bisnis jualan madu murni asli. Kalau dikirim madu keluar kota bisa?

Petugas Tiki: Kalau madu sebenarnya bisa dikirim, tapi harus pakai kotak kayu. Kalau langsung botol madu murni dikirim tidak bisa. Emang tempatnya yang seperti apa? Kalau ada bisa diperlihatkan kesini.

Saya: Kotak kayu yang gimana bang? Kalau botol kita pakai botol plastik isinya saya kurangi soalnya si madu ada gasnya. Kalau botolnya belum dibawa bang. Paling nanti saya kesini lagi bawa contoh botolnya.

Petugas Tiki: Kotak kayu itu biar aman. Tapi nantinya biaya kirimnya jadi bertambah soalnya ditimbang sekaligus dengan kayunya. Nanti untuk barang-barang yang kotak kayu ada perlakuan khusus. Kalau pakai kotak kayu barangnya sampai agak lama siih. Kalau bingung packing pakai kotak kayu nanti bisa dibantu. Emang madunya berapa banyak?

Saya: Ooh gitu bang, duh kita madunya dikit bang. Ukuran botol plastik kecil isi 200 mili liter. Soalnya kan orang butuh madunya tidak banyak. Rencana mau dikirim ke Pulau Jawa juga soalnya pasar disana lebih besar. Ohya kalau kotak kayu biayanya berapa bang?

Baca juga:  6+ Sosial Media Ini Bisa Menjadi Referensi Kamu untuk Mencari Informasi Traveling

Petugas Tiki: Ooh gitu, ternyata pakai botol kecil. Kalau pakai botol gitu kayaknya ga bisa. Kirain tadi banyak pakai jerigen. Kalau jerigen nanti bisa dikasi kotak kayu. Kalau kotak kayu bisa kita bantu, biayanya sekitar 50 ribu.

Saya: Iya bang soalnya dikit. Mahal juga bang.uu Kalau pengiriman madu dalam provinsi bisa ga bang?

Petugas Tiki: Kalau pengiriman dalam provinsi, nanti bisa kita akalin. Kalau botolnya kuat kayaknya bisa diakalin. Ditulis aja obat. Di packing bagus-bagus biar aman.

Saya: Oke lah bg, kalau gitu. Makasi informasinya. Sekarang kita mau tanya-tanya dulu.

Petugas Tiki: Sama-sama.

***

Begitulah dialog singkat saya dengan petugas Tiki ketika bertanya tentang pengiriman madu lewat Tiki. Intinya adalah Tiki menerima pengiriman madu melalui Tiki. Namun untuk pengiriman madu melalui Tiki ada baiknya dalam jumlah besar. Packing madunya bagus pakai jerigen, kalau pakai botol agak berisiko. Biaya pengiriman memang agak mahal, apalagi kalau pengiriman keluar kota atau Pulau Jawa.

Catatan: Itulah dialong singkat dengan petugas Tiki mengenai cara pengiriman madu asli keluar kota. Dialog tersebut sudah diubah seperlunya dan diterjemahkan dari bahasa daerah ke bahasa indonesia.

Jika penasaran coba ke Tiki didaerah kamu..

Staff Editorial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke atas