[Share] 5 Alasan Pindah dari Blogspot ke WordPress Self Hosting

[Share] 5 Alasan Pindah dari Blogspot ke WordPress Self Hosting – Saya sudah lama sekali menggunakan Blogspot terhitung sejak 2010 sampai sekarang (tapi sekarang sudah jarang). Pertamanya saya bikin blog pakai Blogspot untuk iseng-iseng. Awalnya iseng tapi makin lama saya langsung dikelola secara serius. Sempat juga saya pasang domain dot com.

Saya kasi domain dot com untuk blogspot dibeli dari Idwebhost. Cukup lama saya pakai domain dot com dari Idwebhost cukup puas karena layananya lumayan mantap dan selalu kasi bantuan jika ada kendala.

Namun ada beberapa kejadian yang membuat saya berpindah hosting dari Blogspot ke WordPress.org.

[Share] 5 Alasan Pindah dari Blogspot ke WordPress Self Hosting
Sumber: Pixabay

1. Kejadian Pertama, Blogspot saya RRS feed dicuri oleh blog.platechno.com

Ada banyak artikel saya yang nomor satu di Google diimport oleh Platechno.com. Sampai sekarang pun ada beberapa postingan saya yang menjadi artikel paling populer di blog Platechno.com. Kesal memang, tapi saya bisa apa?

Karena pada saat itu artikel saya selalu halaman pertama Google. Bahkan ada 2 sampai 3 artikel nongkrong di halaman pertama Google. Mungkin karena itulah blog.platechno.com mengimport RRS feed blog saya ke blog mereka.

Baca juga:  10 Manfaat Memiliki Blog atau Website Sendiri

Jumlahnya bukan hanya satu, tapi sudah ratusan postingan di import ke blog.platechno.com. Mau dilaporkan ke Google DCMA takedown jumlahnya banyak banget, malah jadi ribet kalau dilaporkan satu-satu.

2. Blog saya banyak mendapatkan tawaran kerja sama dari perusahaan teknologi seperti startup

Waktu itu blog saya sedang berjaya dihalaman pertama Google, rangking Alexa tidak malu-maluin dan bikin artikel SEO itu mudah sekali bagi saya. Oleh karena itu banyak perusahaan yang menawarkan kerjasama khususnya Paid Review atau artikel berbayar hehe.

Sebagai blogger saya tidak mau dipandang sebelah mata oleh partner saya. Saya yang dulu pernah main Blogspot akhirnya langsung pindah ke WordPress.org. Tujuan saya pakai WordPress.org ini untuk menunjukkan bahwa saya tidak main-main dalam ngeblog.

Beberapa perusahaan yang pernah pakai jasa Paid Review saya diantaranya Cermati.com, Urbanindo.com, Shopious.com tapi sekarang sudah tutup, dan lain-lain (saya lupa soalnya sudah lama).

3. Saya ingin terlihat profesional

Seperti blogger lainnya, tentu saya harus terlihat profesional. Menggunakan WordPress.org yang Self Hosting dianggap bisa menunjakkan bahwa saya seorang blogger yang profesional hehe. Alhamdulillah dengan pakai WordPress.org popularitas blog saya semakin meningkat, bahkan ada orang yang beranggapan bahwa blog saya sudah berbentuk perusahaan media. Padahal cuma pakai WordPress.org saja.

4. Saya ingin mencari pengalaman baru bersama dengan WordPress.org

Saya adalah tipe orang yang mudah bosan dengan hal yang itu-itu saja. Saya selalu berusaha mencari pengalaman baru yang lebih menantang. Sebagai pengguna Blogspot, sedikit banyak saya sudah tau tentang Blogspot. Selanjutnya WordPress.org adalah tempat baru yang menarik untuk saya pelajari dan saya ketahui.

Baca juga:  Sumber trafik blog ataupun website bukan hanya mesin pencari saja tapi juga sosial media

Alhamdulillah juga selama di WordPress saya sudah mengetahui cara main WordPress.org. Ada hal baru dan istilah baru yang bisa saya temukan di WordPress seperti.

• Pengalaman membeli hosting
• Pengalaman memasang hosting
• Pengalaman install wordpress pakai Softacolus
• Pengalaman pasang plugin
• Pengalaman optimasi SEO pada wordpress
• Pengalaman bikin forum di wordpress
• Pengalaman panik karena jatah bandwith yang penuh karena jumlah visitor blog yang meningkat hingga 100 persen
• Pengalaman tambah jatah space hosting karena disk hosting yang kurang besar
• Pengalaman edit thema di WordPress
• Pengalaman monitize blog pakai wordpress
• Pengalaman mendapatkan istilah baru di wordpress
• Pengalaman berdiskusi dan dapat teman baru dengan sesama pengguna wordpress
• dan banyak lagi.

5. Di Blogspot ingin mendapatkan template premium harus bayar

Saya itu tipe orang yang suka gratisan, sedangkan yang gratisan itu fiturnya sedikit. Mau bikin template bagus ga bisa. Kalau beli sayang uangnya, barangkali uangnya bisa dipakai untuk keperluan yang lainnya hehe (untuk jajan kuliah). Akhirnya pakai wordpress deh, soalnya template yang gratisan sudah seperti template berbayar di Blogspot.

Kesimpulannya

Itulah beberapa alasan yang membuat saya pindah dari Blogspot ke WordPress. Bukan karena saya muak dan bosan dengan Blogspot tapi saya ingin mencari pengalaman baru agar ilmu saya ssmakin bertambah. Sampai sekarang pun saya sekali-kali masih lihat-lihat blogspot dan Blogspot tidak akan saya lupakan.

Baca juga:  9 Cara Mendapatkan Inspirasi dan Ide Tulisan di Blog

Thanks Blogspot :*

*)

Staff Editorial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke atas