Quora: Situs komunitas tanya jawab profesional terbesar di dunia

Quora: Situs komunitas tanya jawab profesional terbesar di dunia – Quora adalah situs website komunitas tanya jawab yang didirikan pada Juni 2009 dan diluncurkan ke publik pada Juni 2010. Quora didirikan oleh Adam D’Angelo bersama temannya Charlie Cheever. Mereka membangun Quora tak lama setelah keluar dari Facebook.

Markas Quora terletak di Palo Alto, California, Amerika Serikat. Quora dibuat karena Adam D’Angelo merasa bahwa banyak situs tanya jawab tapi tidak memuaskan.

Pada bulan Maret 2016 Quora memiliki lebih dari 100 juta pengunjung unik setiap bulannya. Quora memiliki slogan “A place to share knowledge and better understand the world”. Quora juga dikenal sebagai situs tanya jawab kalangan profesional. Tak heran jawaban dari setiap pertanyaan di Quora lebih to the point.

Sebenarnya layanan Quora hampir sama seperti layanan situs tanya jawab lain seperti Yahoo! Answers, Answers, Ask.fm, Stack Exchange, Stack Overflow, dan situs tanya jawab lainnya. Quora bisa diakses melalui situs website di Quora.com dan aplikasi Quora.

Keunggulan dari Quora dibandingkan situs tanya jawab yang lain adalah jawaban yang diberikan sesuai dengan ketertarikan, skill, bidang masing-masing, dan jawabannya lebih berbobot. Di Quora kita juga bisa melihat pertanyaan yang memiliki kesamaan topik.

Beberapa tokoh penting dan terkenal juga memiliki akun di Quora diantaranya Sundar Pichai (CEO Google), Mark Zuckerberg (founder dan CEO Facebook), Jimmy Wales (founder Wikia), Mark Andreesen (Founder Andreessen Horowitz), Fred Wilson dan Steve Case.

Baca juga:  TechCrunch: Situs berita teknologi informasi dan startup terkemuka di dunia

Cara mendaftar di Quora cukup mudah dan tidak sulit. Namun kita akan menemukan semua perintah dan tulisan di Quora menggunakan bahasa Inggris. Mengajukan dan menjawab pertanyaan juga harus dalam bahasa Inggris. Kalau kita kurang paham dengan bahasa Inggris akan kesulitan untuk bertanya, menjawab dan memahami perintah di website Quora.

Sekarang Quora belum tersedia untuk bahasa Indonesia, sementara ini Quora hanya tersedia dalam bahasa Inggris, bahasa Spanyol, bahasa Jerman dan bahasa Prancis.

Untuk kemudahan penggunanya Quora sudah tersedia dalam bentuk aplikasi Android yang bisa didownload secara gratis di Google Play Store. Quora juga memberikan kemudahan lain yaitu daftar akun bisa menggunakan Facebook dan Google.

Salah satu kontroversi yang terjadi di Quora adalah keamanan akun pengguna. Berdasarkan informasi dari Tempo akun Quora CEO Google Sundar Pichai pernah diretas oleh kelompok peretas tertentu yang menamai kelompoknya OurMine.

Kabar dari Wikipedia menyebutkan bahwa Charlie Cheever rekan pendiri Quora sudah non-aktif dari Quora sejak September 2012. Sekarang mendirikan perusahaan startup Expo.io atau Exponent.

*Sumber: Quora, Wikipedia, Tempo, Selasar, Dictio.id)

_

Artikel yang Serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *