Praktek Bisnis yang Merugikan Nelayan Kecil

Praktek Bisnis yang Merugikan Nelayan Kecil – Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki wilayah lautan yang luas. Sehingga banyak masyarakat yang mengantungkan pencariannya dengan cara menangkap ikan dilaut. Khususnya untuk mereka yang tinggal diwilayah pesisir sebagian besar mereka banyak yang menjadi nelayan.

Wilayah pesisir biasanya memiliki jumlah ikan yang melimpah, sehingga harga ikan biasanya lebih murah dibandingkan wilayah yang juah dari pesisir. Tentunya hal ini sering dimanfaatkan oleh oknum tertentu dengan membeli ikan dari nelayan dengan harga yang jauh lebih murah. Bahkan kadang jauh dibawah harga normal yang ada dipasaran.

Praktek Bisnis yang Merugikan Nelayan Kecil
Sumber: Sorotpurworejo.com

Praktek perdagangan seperti ini tentunya bisa mengakibat kerugian bagi para nelayan. Meskipun mereka seharusnya mendapatkan keuntungan yang besar,tapi pada kenyataannya mereka tetap mendapatkan hasil yang kecil. Hanya cukup untuk menghidupi kehidupan sehari-harinya sebagai nelayan.

Hal yang disampaikan diatas biasanya terjadi bagi nelayan kecil, namun beda lagi halnya dengan nelayan besar. Nelayan besar biasanya sudah memiliki jalur distribusi yang jelas. Harga yang diberikan kepada nelayan besar sudah mendekati harga normal, sehingga keuntungan yang didapatkan bisa lebih besar.

Oleh karena itu penting bagi kita semua untuk membantu nelayan kecil ini agar tetap bisa mendapatkan keuntungannya. Karena besar kecilnya keuntungan yang mereka dapatkan mempengaruhi kesejahteraan para nelayan.

Cara sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan membeli ikan mereka dengan harga yang layak agar nelayan menjadi sejahtera. Selain itu nelayan juga menjadi lebih semangat untuk bekerja mencari ikan dilaut.

Baca juga:  Indosurta Group - Perusahaan Alat Survey Terkemuka di Indonesia

*)

Staff Editorial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas