Peluang Bisnis Batu Akik yang Berpotensi Mendapatkan Keuntungan yang Besar

Peluang Bisnis Batu Akik yang Berpotensi Mendapatkan Keuntungan yang Besar – Akhir-akhir ini di Indonesia sudah terjadi demam batu, bukan batu sembarangan tetapi batu akik. Batu akik merupakan batu alam yang bisa dibentuk menjadi perhiasan. Batu ini digemari oleh orang-orang mulai dari usia muda hingga usia tua. Mulai dari rakyat jelata hingga penguasa menyukai dan menggemari batu akik.

Memang tidak bisa dipungkiri demam batu akik sudah melanda negeri ini. Hampir disetiap pengkolan, simpang jalan, tempat keramaian, pinggir jalan, hingga warung kopi, rumah makan, pangkalan ojek, kantor hingga rumah orang-orang banyak membahas batu akik. Tak jarang pula demam batu akik ini banyak melahirkan pakar batu. Seorang pakar batu, bisa mengetahui mana kualitas yang bagus dan mana kualitas yang buruk.

Sangking ahlinya dalam mengamati batu,mulai anak-anak, ibu-ibu rumah tangga sudah banyak yang mengenal batu akik kualitas oke punya. Bahkan sangking ahlinya dalam mengamati batu, bongkahan batu kali saja bisa mereka ketahui sebagai batu yang akik yang bagus. Beberapa waktu muncul berita di televisi mengenai ditemukannya bongkahan batu akik di saluran air atau got. Kemudian ada juga temuan bongkahan batu akik jenis giok di Aceh yang nilainya miliaran rupiah.

Melihat meningkatnya trend batu akik di berbagai kota di Indonesia, sangat berpeluang sekali jika trend ini dimanfaatkan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Bisnis batu akik begitu menguntungkan dikarenakan tingginya ketertarikan minat banyak orang terhadap batu akik. Untuk jenis batu akik yang langka dan berkualitas bagus seorang kolektor sanggup membayar jutaan rupiah, bahkan saya mendapat kabar ada yang sanggup membeli batu akik seharga ratusan juta.

Baca juga:  9 cara agar akun Google Adsense tetap aman tanpa banned

Agar bisnis batu akik bisa lebih menguntungkan kita bisa memanfaatkan batu akik dengan mengolahnya terlebih dahulu. Mengolah batu akik yang dimaksud bukan mengolah batu akik menjadi sesuatu yang berbeda, tetapi mengubah batu akik menjadi lebih bernilai. Misalnya mempercantik bongkahan batu akik menjadi cincin, kalung, gelang, liontin atau bentuk lainnya yang pastinya bernilai.

Bisnis batu akik yang baik bukan berarti kita mencari batu akik mentah dalam bentuk bongkahan batu yang belum diolah, tetapi berbisnis batu yang sudah diolah sehingga nilainya bisa menjadi lebih tinggi. Batu akik yang belum diolah, harganya lebih murah ketimbang batu akik yang sudah diolah, misalnya menjadi batu cincin atau liontin. Untuk batu akik yang sudah diolah harganya bisa berkali-kali lipat menjadi lebih tinggi.

Peluang bisnis batu akik bisa dimanfaatkan semua pihak, sehingga reseller pun juga berpeluang untuk mendapatkan keuntungan. Bagaimana cara menjadi reseller batu akik? Cara menjadi reseller batu akik caranya mudah, kita bisa mencari tempat penghasil batu akik dan kita bisa membelinya disana dengan harga yang lebih murah. Untuk kota penghasil batu akik harga bisa lebih murah ketimbang kota yang bukan penghasil batu akik.

Di Jawa Barat kota Garut atau Tasikmalaya merupakan dua dari banyak kota di Jawa Barat yang menjadi tempat penghasil batu akik. Kita bisa mengunjungi Garut atau Tasikmalaya untuk mencari batu akik yang kemudian dijual lagi kekota lain misalnya Jakarta. Tentunya dengan memasang harga yang lebih tinggi. Selisih harga itulah yang nantinya kita ambils sebagai keuntungan. Selain Garut dan Tasikmalaya, ada banyak kota lain yang menjadi penghasil batu akik kualitas bagus.

Baca juga:  Interlook - perusahaan jasa bidang desain interior dan arsitektur dari Bandung

Mengenai cara menjual batu akik, tidaklah rumit. Akik bisa dijual secara konvensional dengan menemui dan memperlihatkan akik kepada calon pembeli. Selain itu akik juga bisa dijual secara online melalui mesengger atau situs jual beli marketplace, dengan memasang foto batu akik yang kita jual. Saat ini ada banyak situs jual beli yang bisa digunakan untuk menjual batu akik seperti Bukalapak, Tokopedia, OLX, Jualo dan banyak lagi.

Di toko online kita bisa memasang deskripsi batu akik yang kita miliki agar calon pembeli menjadi lebih tertarik dan mudah mengenali batu akik yang kita jual. Dengan kemajuan teknologi saat ini batu akik akan semakin mudah dipasarkan.

Ada contoh yang cukup unik tentang bisnis batu akik yang dikalangan mahasiswa, yaitu seorang mahasiswa fakultas olahraga kampus Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung berhasil mendapatkan keuntungan yang berkisar antara 5 juta hingga 12 juta.

Padahal bisnis tersebut tidak dijadikan sebagai bisnis utama, hanya untuk bisnis sampingan. Sambil kuliah sambil berbisnis batu akik. Sasaran pembeli yang dituju adalah kalangan dosen dan teman-teman sesama mahasiswa kampus UPI Bandung. Ketika dijadikan bisnis sampingan saja banyak keuntungan yang bisa didapatkan, apalagi bisnis ini benar ditekuni kemungkian besar bisnis ini bisa menghasilkan keuntungan yang lebih besar lagi.

Tetapi perlu diketahui bahwa demam batu akik bisa dikatakan sebagai trend sesaat yang kemungkinan trend ini akan menghilang dan berganti dengan trend yang baru. Sehingga bisnis batu akik belum bisa dijadikan sebagai lahan bisnis jangka panjang. Bisnis jangka panjang bisa bertahan sepanjang waktu sedangkan bisnis jangka pendek hanya untuk sesaat saja.

Baca juga:  Mengapa keuntungan dari Paytren kecil?

Trend batu akik ini mengingatkan kembali pada trend tanaman anturim yang sebelumnya sempat booming di Indonesia tapi pada akhirnya hilang begitu saja. Ketika itu harga tanaman anturium melonjak tinggi tapi ketika trend tersebut mulai luntur harga malah murah.

Oleh sebab itu hilangnya trend batu akik ini harus diantisipasi, karena bisa saja harga batu akik yang tinggi nantinya malah terjun bebas dan tidak lagi menjadi barang berharga. Untuk pelaku bisnis batu akik, harap berhati-hati agar bisnis tidak mengalami kerugian yang besar jika nantinya harga batu akik terjun bebas.

Untuk pelaku bisnis batu akik jangan pernah berbuat curang dengan menjual batu akik palsu, karena ini akan berpengaruh terhadap reputasi bisnis personal yang kita jalani. Apapun bisnis yang kita jalani ada akan selalu ada hidden investor yaitu Tuhan. Jika dijalani dengan jujur, insya Allah bisnis yang dijalani akan mendapatkan keuntungan dan memperoleh berkah.

*)

Artikel yang Serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *