Kejujuran Kunci Kesuksesan yang Penting dan Wajib Dipegang dalam Menjalan Bisnis Bagi Siswa di Sekolah

Kejujuran Kunci Kesuksesan yang Penting dan Wajib Dipegang dalam Menjalan Bisnis Bagi Siswa di Sekolah – Melakukan bisnis diwaktu masih sekolah memang asik meskipun untungnya tidak terlalu besar. Berbisnis diwaktu sekolah lebih identik dengan kegiatan berjualan kecil-kecilan. Berbisnis di waktu sekolah juga tidak terlalu menuntut untuk mendapatkan keuntungan yang banyak yang terpenting pengalamannya bisa dirasakan sendiri.

Manfaat berbisnis diwaktu sekolah memiliki banyak manfaat bagi anak sekolah itu sendiri. Bisa mengetahui bagaimana cara mendapatkan keuntungan, menghindari kerugian, bisa mengerti bagaimana rasanya susahnya untuk mencari uang, dan yang terpenting adalah kejujuran.

Kejujuran Kunci Kesuksesan yang Penting dan Wajib Dipegang dalam Menjalan Bisnis Bagi Siswa di Sekolah
Sumber: Blog Unpad

Kejujuran Mulai Menjadi Sesuatu yang Langka

Sejak dahulu kita selalu didik untuk menjadi anak yang jujur. Namun karena telah terjadinya pergeseran nilai kejujuran sudah mulai menjadi sesuatu yang langka. Ini bisa terlihat dari keseharian anak sekolah saat ini yang sudah pandai berbohong dan menipu kedua orang tua. Sebenarnya anak melakukan kesalahan merupakan hal yang wajar, tapi meskipun anak salah anak harus jujur dan mengakui kesalahan yang dilakukan.

Meskipun berbisnis diwaktu sekolah bukan bagian dari kegiatan belajar mengajar. Kejujuran harus tetap dipegang teguh. Hal ini penting karena meskipun tujuan dari bisnis untuk mendapatkan keuntungan, namun kita harus jujur dalam bisnis. Saat ini banyak orang yang tidak jujur dalam oleh sebab itu perilaku yang buruk ini jangan diikuti. Agama manapun pasti menganjurkan untuk berlaku jujur dan tidak menipu orang lain.

Baca juga:  Pasang atau aktifkan Adblock untuk menghindari terjadinya klik sendiri iklan Google Adsense

Kejujuran Pasti Berguna untuk Perkembangan Bisnis di Masa Depan

Dalam bisnis itu bukan hanya mengejar keuntungan dan tidak menghiraukan norma dan etika. Norma dan etika juga penting untuk menciptakan keharmonisan dalam berbisnis. Banyak sekali orang yang tidak jujur nanti akan ditinggal oleh pembelinya, namun kalau kita jujur sudah pasti si pembeli akan datang kembali untuk membeli produk yang kita jual.

Banyak pengusaha yang sudah sukses berkata bahwa kunci kesuksesan itu mudah sekali yaitu bertindak jujur. Kalau sudah jujur semua kegiatan bisnis akan lancar, orang lain pun akan percaya. Kalau pembeli sudah percaya pasti mereka bisa datang lagi untuk membeli. Jika hal ini bisa langsung terus menerus besar kemungkinan bisnis bisa berkembang dimasa yang akan datang.

Kalau pun bisnis diwaktu masih sekolah terhenti karena sesuatu hal, maka jika dilanjutkan lagi di masa yang akan datang. Karena kejujuran dalam berbisnis nantinya orang akan menaruh kepercayaan datang membeli.

Bentuk Kejujuran dalam Berbisnis di Waktu Sekolah

Bagi sebagian orang mungkin masih bingung dengan bentuk kejujuran dalam berbisnis. Namun jangan pusing berikut ini akan diberikan macam-macam jenis kejujuran dalam bisnis.

1. Memberikan penjelasan tentang kualitas produk.

Seringkali orang dalam berbisnis berbohong ketika menjelaskan kualitas produk. Sebagai contoh misalnya produk tersebut kualitasnya rendah tapi dengan pembeli disampaikan bahwa produk ini kualitas bagus. Sehingga karena berbohong bisa-bisa nantinya orang menjadi jera, kapok dan tidak mau lagi membeli.

Baca juga:  Saya panik lebih dari 100 ekor benih lele dumbo mati dalam sehari

Sebaiknya kalau memang barang tersebut kualitasnya memang rendah, jelaskan saja apa adanya tanpa harus menutup-nutupi. Misalnya jual handphone, kalau memang handphonenya sudah rusak jelaskan saja bagian handphone yang rusaknya di bagian mana. Sehingga antara penjual dan pembeli sama-sama enak dan tidak ada yang merasa dirugikan karena sudah dijelaskan secara terbuka.

2. Berbohong dengan Harga Jual Produk

Seringkali orang berbohong dengan harga jual produk, misalnya harga produk tersebut sebenarnya bisa dijual dengan harga normal 10 ribu rupiah, tapi malah dijual dengan harga yang tinggi yaitu 20 ribu rupiah.

Kesimpulan

Di atas tadi merupakan bentuk kebohongan yang sering terjadi di masyarkat yang tidak patut ditiru. Sebagai anak sekolah yang berpendidikan sebaiknya perilaku yang diterapkan harus lebih baik.

Orang yang berpendidikan itu identik dengan kecerdasan yang tinggi, akhlak yang baik, mengutamakan kejujuran, budi pekerti, menjunjung nilai-nilai dan norma yang berlaku. Sehingga penting bagi seorang pelajar menerapkan nilai kejujuran itu.

Seringkali orang mengatakan kejujuran itu ibarat mata uang yang bisa berlaku dimana saja yang bisa membeli apa saja yang kita butuhkan. Artinya dengan kejujuran semua urusan bisa dengan mudah dicapai dan diperoleh.

*)

Staff Editorial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas