Jika pakai domain sendiri tapi pakai hosting dari Blogspot/WordPress harus pakai Cloudflare lagi?

Apakah kalau pakai domain sendiri tapi pakai hosting dari Blogspot atau WordPress harus pakai Cloudflare lagi? – Sebagian besar webmaster website pasti mengenal Cloudflare. Cloudflare adalah layanan CDN (Content Delivery Network) gratis yang diberikan secara cuma-cuma kepada penggunanya. Meskipun cuma-cuma Cloudflare bisa jadi alternatif jika kamu belum mampu menggunakan layanan CDN berbayar seperti MaxCDN.

Cloudflare ini amat dibutuhkan untuk website yang menggunakan self hosting atau hosting sendiri yang berbayar. Pemakaian Cloudflare ini bertujuan untuk menghemat bandwith, mempercepat loading website dengan hosting sendiri, menjaga website dari serangan DDoS, dan banyak lagi mamfaat pakai Cloudflare.

Mungkin ada pertanyaan dari kawan-kawan yang menggunakan Blogspot atau WordPress, apakah kalau pakai domain sendiri tapi masih pakai hosting dari Blogspot atau WordPress harus pakai Cloudflare lagi?

Sebenarnya jika blog menggunakan domain sendiri tapi hostingnya masih pakai WordPress.com atau Blogspot, kita tidak perlu menggunakan Cloudflare lagi.

Mengapa demikian? Jawabannya karena seperti yang kita ketahui bersama bahwasanya Blogspot/Blogger dimiliki oleh Google. Google sudah memberikan dukungan yang penuh ke website atau blog yang menggunakan hosting mereka.

Jadi yang pakai blogspot tidak perlu khawatir blog kekurangan jatah bandwith, website tidak bisa dibuka karena jatah bandwith habis, tidak perlu khawatir server down. Intinya semuanya aman terkendali oleh Google, jadi tidak perlu lagi pakai Cloudflare karena server dari Google sudah powerfull banget.

Baca juga:  Qubicle - perpaduan antara sosial media dan platform berbagi konten

Untuk yang pakai WordPress.com juga begitu, kalau sudah pakai domain sendiri tidak perlu lagi pakai Cloudflare. Toh server dari WordPress.com sudah powerfull dan top banget.

Jika ingin website di blogspot atau wordpress cepat, berarti kamu harus menggunakan strategi lain seperti mengurangi penggunaan gambar yang berlebihan, gunakan gambar ilustrasi yang ukurannya kecil, pilih tema atau template web yang ringan dan mudah dibuka.

Demikian penjelasannya tentang pemakaian Cloudflare pada blogspot dan wordpress, semoga bermanfaat. Tapi kalau teman ingin memaksakan diri mau pakai Cloudflare dipersilahkan 😀 Monggo..

Staff Editorial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke atas