Hati-Hati Penipuan Undian Berhadiah yang Dikirim Lewat SMS

Hati-Hati Penipuan Undian Berhadiah yang Dikirim Lewat SMS – Meski zaman sudah semakin maju saat ini ada banyak orang yang masih belum paham dengan teknologi. Masih banyak orang yang mudah tertipu yang mengatasnamakan dapat undian berhadiah. Sekarang ini yang marak terjadi adalah penipuan lewat SMS mendapatkan undian berhadiah. Iming-iming hadiahnya berupa mobil, sepeda motor, emas batangan, uang tunai dan banyak lagi hadiah lainnya.

Mengapa Banyak Penipuan Undian Berhadiah?

Mendapat hadiah merupakan sesuatu yang istimewa dan menyenangkan, karena tidak semua orang bisa beruntung mendapatkan hadiah. Terlebih lagi jika hadiahnya jika diuangkan memiliki nilai yang besar, pasti akan semakin senang.

Dengan sifat alami yang dimiliki manusia yang senang dengan kejutan, hadiah atau apapun itu menjadi kesempatan oknum tertentu untuk melakukan aksi penipuan. Orang yang terlalu senang biasanya tidak bisa berpikir secara rasional, sehingga diminta uang berapapun agar hadiahnya dikirim pasti uangnya akan ditransfer.

Bagaimana Bentuk Penipuan Undian Berhadiah Lewat SMS?

Untuk mengetahui bentuk penipuan lewat SMS caranya mudah. Berikut ini ciri-cirinya:

1. Mengucapkan kata SELAMAT atau Surat Keputusan.

2. Memberikan keterangan bahwa kita mendapatkan hadiah tertentu yang mengatasnamakan lembaga, instansi atau perusahaan tertentu yang sudah dikenal orang seperti Telkomsel, Indosat, Axis, XL, SCTV, RCTI, Bank, Indofood, M-Kios, Pop Mie, M-Tronik dan banyak lagi.

3. Memberikan semacam nomor PIN tertentu seperti 87CH311D2, B57FNV8, atau nomor apapun itu.

4. Memberikan alamat website tertentu seperti blogspot, weebly, wordpress, jimdo, mywapblog, domain dot com, atau domain lainnya.

6. Dan yang terpenting, biasanya menggunakn nomor handphone baik itu Telkomsel, Indosat, XL atau Axis. Biasanya nomor tersebut langsung tidak bisa dihubungi.

7. Ini contoh kalimat sms penipu yang pernah saya terima “Surat Keputusan No. IX/7/M/2015. Nomor HP anda 0853 63XX XXXX mendapatkan hadiah ke 4 dari pesta isi ulang PT M-KIOS No PIN IJKG89T. Untuk Info lanjut di www.undianpusatmkios.blogspot.com”.

Jika semua ciri-ciri diatas maka bisa dipastikan itu penipuan lewat SMS, dan jangan terlalu dipikirkan. Sebaiknya diabaikan saja.

Perlu diketahui bahwa lembaga atau perusahaan tersebut tidak pernah melakukan undian berhadiah. Malahan terkadang lembaga tersebut sudah memberikan keterangan atau pemberitahuan bahwa mereka tidak memberikan undian berhadiah. Jika ingin lebih jelas sebaiknya hubungi langsung perusahaannya bisa lewat sosial media, telepon atau email (dengan catatan bukan menghubungi nomor si penipu).

Tampilan Website Pelaku Penipuan Undian Berhadiah yang Dikirim Lewat SMS

Selain lewat ciri-ciri pada SMS, penipuan juga bisa terlihat dari tampilan websitenya. Jika pelaku penipu mengirimkan alamat website yang bisa di akses, maka akan memiliki ciri sebagai berikut.

1. Untuk website biasanya menggunakan domain gratisan dari blogspot, weebly, wordpress, jimdo, mywapblog, webs, dan domain dot com lainnya. Ini semua alamat situs yang bisa dibuat secara gratis, tanpa bayar sepeserpun.

2. Tampilan websitenya jelek dan tidak rapi.

3. Biasanya melampirkan dokumen palsu seperti Surat Kepolisian Polda Metro Jaya, Surat Pemberitahuan palsu, Surat Rekomendasi palsu, daftar pemenangpalsu, foto palsu (diambil dari internet), KTP palsu dan dokumen lainnya.

4. Selanjutnya mereka juga membawa nama-nama tokoh (berupa foto buram) yang sudah terkenal di Indonesia seperti foto Jendral Kapolri, Menteri Sosial, Menteri Komunikasi dan Informasi, Menteri Keuangan, Jendral Pajak, Presiden Jokowi, Gubernur Jakarta Ahok, dan beberapa tokoh lainnya sebagai penanggung jawab.

5. Biasanya diminta untuk membayar sejumlah uangdengan modus untuk keperluan administrasi biasanya dalam jutaan.

6. Kadang diminta untuk mengirimkan pulsa, dengan modus sebagai bukti konfirmasi atau ke ikut sertaan dalam undian berhadiah.

7. Di minta untuk tidak menyebarkan luaskan informasi undian berhadiah kepada orang lain, dengan alasan takut adanya kecemburuan sosial. Kadang-kadang pakai Undang-Undang Cemburu Sosial lengkap dengan Nomor, Pasal dan Ayat. Padahal ini tujuannya biar kita bisa ditipu, karena kalau bertanya dengan orang lain penipuan mereka bisa digagalkan.

8. Biasanya pakai nomor call centre palsu.

Nah semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk teman, keluarga, saudara dan orang-orang terdekat lainnya. Jika perlu sebarkan informasi ini kepada yang lainnya.]]

*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *