Hari Pertama Masukkan Benih Lele Dumbo Aman, Hari Selanjutnya Malah Mati

Hari Pertama Masukkan Benih Lele Dumbo Aman, Hari Berikutnya Malah Mati – Sekarang ini saya sedang menggarap bisnis perikanan lele. Saya bingung karena perputaran uang dibisnis madu terbilang lambat. Akhirnya saya putuskan untuk mencari usaha sampingan lain selain madu. Kemudian saya memiliki perikanan lele dipelihara dikolam terpal.

Saya sendiri lokasinya di Siak, tapi benih lele dumbo sulit dicari di Siak. Untuk mencari benih lele dumbo saya harus pergi ke kecamatan Dayun. Cukup jauh membutuhkan waktu sekitar 1 jam lebih untuk sampai ke lokasi jual benih lele.

Hari Pertama Masukkan Benih Lele Dumbo Aman, Hari Selanjutnya Malah Mati

Singkat cerita akhirnya benih lele sudah dibawa ke Siak dan siap dimasukkan kedalam kolam terpal yang sudah kami siapkan. Sebelum dimasukkan ke kolam kami langsung memasukkan lele kedalam wadah yang lebih besar agar benih lele tidak stress. Lagi pula perjalanan kami membawa lele cukup jauh.

Didalam wadah, lele kami diamkan beberapa menit hingga beberapa jam barulah kemudian dimasukkan kedalam kolam terpal. Sebelumnya kolam terpal sudah kami siapkan. Kolam terpal di isi dengan air. Dimasukkan juga kotoran sapi yang sudah kami masukkan kedalam karung. Kami juga memberikan air dengan pupuk organik yaitu produk TON.

Setelah beberapa saat barulah kami memasukkan benih ikan lele dumbo ke kolam terpal yang sudah kami siapkan. Ketika memasukkan benih lele dumbo, kami menemukan bahwa ada beberapa benih ikan lele yang sudah mati tapi sudah digerogoti oleh lele lainnya.

Baca juga:  StartupBisnis: Situs bacaan untuk pebisnis online, penggiat startup, bisnis dan marketing

Kami menemukan fakta bahwa benih ikan lele ternyata juga kanibal, karena mereka saling memakan sesama lele. Bahaya juga nih haha.

Sedikit demi sedikit kami memasukkan benih ikan lele dumbo sampai selesai. Saya sendiri sangat senang melihat lele berenang kian kemari. Lele yang sudah kami masukkan sengaja tidak kami beri makan. Tujuannya agar lele bisa menyesuaikan diri dengan air atau lingkungan barunya.

Besok paginya dicek tidak ada lele yang mati, semuanya hidup aman sentosa. Saya juga turut memberi makan lbenih lele mereka makan dengan lahap, mungkin karena kelaparan.

Namun keanehan terjadi pada hari berikutnya beberapa ekor lele ada yang mati dan tubuhnya sudah dimakan oleh teman-temannya. Saya bingung kenapa ini terjadi?

Apakah memang butuh berhari-hari untuk penyesuaian dengan lingkungan atau air yang baru?

Artikel yang Serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *