Darimana Sumber Penghasilan atau Pendapatan Wikipedia?

Darimana Sumber Penghasilan atau Pendapatan Wikipedia? –  Wikipedia adalah salah satu situs populer didunia yang berisi beragam informasi. Informasi yang dimuat didalam Wikipedia ada banyak sekali mulai dari sejarah, ilmu pengetahuan, tokoh penting, definisi istilah penting dan informasi menarik lainnya. Bahkan ketika kita membuat tugas dari sekolah ataupun dari kampus, seringkali kita menggunakan referensi dari Wikipedia ini.

Keunikan dari Wikipedia adalah tersedia dalam banyak bahasa didunia mulai dari Wikipedia bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Spanyol, Italia, Prancis, Jerman, Belanda, Rusia, Portugis, Arab, Minang, Jawa dan masih banyak lagi. Jadi dengan banyak pilihan bahasa orang-orang dari seluruh dunia bisa mendapatkan referensi dan informasi sesuai dengan bahasanya masing-masing.

Darimana Sumber Penghasilan atau Pendapatan Wikipedia?
Sumber: The Conversation

Tujuan Wikipedia Didirikan

Wikipedia ini adalah situs terkenal yang berasal dari Amerika Serikat. Wikipedia didirikan oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger sejak tahun 2001. Wikipedia juga termasuk dalam situs web non-profit, sehingga tujuan Wikipedia didirikan bukanlah untuk mencari keuntungan semata tapi tujuannya untuk mempermudah masyarakat didunia dalam mendapatkan informasi dan referensi yang berkualitas. Jadi jangan heran Wikipedia tidak ada iklan karena tujuannya bukan untuk mencari keuntungan dari iklan.

Sumber Penghasilan atau Pendapatan Wikipedia

Wikipedia didirikan bukan untuk tujuan bisnis tapi tujuan non-profit. Ketika membuka situs Wikipedia kita pasti tidak pernah mendapati satu iklan pun disana. Tidak seperti situs berita yang sering kita baca, disitus berita ada banyak sekali iklan disana. Begitu juga Facebook dan Google, mereka memanfaatkan situsnya untuk mendapatkan keuntungan dengan cara memasang iklan. Bagi yang masih bingung, Wikipedia mendapatkan penghasilan atau pendapatan berasal dari donasi pengguna dari seluruh dunia.

Baca juga:  Goodreads: Situs komunitas baca buku dan katalog buku online terbesar

Makanya untuk periode tertentu, dibagian atas situs Wikipedia ada semacam permintaan notifikasi untuk menyumbangkan donasi dalam bentuk dollar. Donasi uang dollar Amerika ini nominalnya tidak ditentukan secara pasti, tapi biasanya donasi minimal adalah 5 dollar Amerika. Seandainya saja jika pengguna Wikipedia seluruh dunia menyumbangkan uangnya ke Wikipedia, ada jutaan dollar yang bisa diterima oleh Wikipedia setiap bulannya.

Yang menyumbang uangnya ke Wikipedia ini ada banyak, ada orang pribadi, pengusaha dan perusahaan juga ikut menyumbangkan uangnya di Wikipedia. Itulah mengapa Wikipedia tetap bisa bertahan sampai sekarang karena ada banyak orang yang ikut mendonasikan uangnya di Wikipedia.

Haryono

Capek nulis, akhirnya beralih jadi tukang iklan. Melayani jasa fb ads, ig ads, google ads, buat web, buat landingpage, buat blog, buat artikel seo. Hubungi aja 0852-1172-4490.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke atas