Bisnis e-Commerce Merupakan Bisnis yang Bisa Berkembang Pesat di Indonesia

Bisnis e-Commerce Merupakan Bisnis yang Bisa Berkembang Pesat di Indonesia – Jika berbicara mengenai dunia bisnis, pembahasan ini tidak akan pernah ada habisnya. Di Indonesia sendiri masih sangat banyak sekali potensi bisnis yang bisa dikembangkan, bisnis apapun itu. Tetapi sayangnya potensi itu tidak disadari oleh orang Indonesia sendiri. Malahan orang luar negerilah yang memahami, menangkap peluang dan menjalankan bisnis yang potensial tersebut.

Sebagai contoh saja banyak industri-industri di Indonesia yang dimiliki oleh orang asing sedangkan orang Indonesia menjadi pekerja dinegara sendiri untuk asing. Seperti industri tekstil, banyak sekali perusahaan tekstil yang dimiliki oleh perusahaan asing. Dan yang menjadi pekerja disana adalah orang Indonesia.

Itu hanya satu industri saja sedang di Indonesia, ada banyak sekali bidang industri bisnis yang dikembangkan oleh asing. Tapi lagi-lagi yang mengetahui peluang tersebut hanya orang luar negeri atau pihak asing, sedangkan orang Indonesia sudah nyaman berada di zonanya dan tidak masuk kebidang yang sama. Orang Indonesia hanya mengembangkan bisnis pada bidang-bidang tertentu saja.

Untuk bidang industri teknologi di Indonesia juga hampir sama, banyak industri bisnis teknologi yang dikembangkan oleh pihak asing luar negeri. Seperti bisnis e-commerce di Indonesia seperti Lazada Indonesia yang dikembangkan oleh perusahaan internet asal Jerman yaitu Rocket Internet.

Selain Lazada Indonesia, e-commerce lain dan marketplace di Indonesia juga banyak yang juga dikembangkan oleh asing seperti:

Baca juga:  Sejak Raisa bersama Hamish Daud kepopuleran Elevenia langsung menurun

a. Rakuten (Jepang)
b. Berniaga (Singapore – Afrika Selatan)
c. OLX dulunya bernama Tokobagus (Afrika Selatan)
d. Lazada – Zalora – Lamido (Jerman)
e. Elevenia (Korea Selatan – Indonesia {XL Axiata} )
f. Wego (Singapura)

Dan masih banyak bisnis e-commerce dan bisnis bidang teknologi lain yang dikembangkan asing. Hanya sebagian kecil saja yang di miliki dan dikembangkan oleh orang Indonesia.

Melihat industri bisnis teknologi internet e-commerce yang gencar dikembangkan oleh asing berarti ini menunjukkan trend yang positif untuk kemajuan bisnis e-commerce Indonesia untuk masa yang akan datang. Bisnis e-commerce bukan hanya berkembang di Indonesia saja, tapi di wilayah negara-negara Eropa dan Amerika sudah lebih dulu mengembangkan bisnis e-commerce.

Potensi bisnis e-commerce didukung juga dengan jumlah konsumen yang banyak di Indonesia. Maka akan sangat menguntungkan sekali jika bisnis e-commerce dikembangkan di Indonesia. Jika asing saja sudah berani mengembangkan bisnis e-commerce di Indonesia berarti jika bisnis ini dikembangkan maka akan bisa menjadi maju dan menguntungkan.

Sehingga tidak ada salahnya jika pemain-pemain lokal juga masuk kedalam bisnis e-commerce. Meskipun sudah banyak yang bermain di bisnis e-commerce, jangan takut untuk mengembangkannya, karena persaingan yang sehat akan menyebabkan inovasi yang usaha menjadi lebih baik lagi.

Perkembangan bisnis e-commerce yang baik di Indonesia juga diakui oleh banyak negara dan investor didunia. Berdasarkan informasi di situs Hub.id, narasumber China mengatakan bahwa bisnis e-commerce Indonesia kondisinya hampir sama dengan kondisi bisnis internet China di masa 5 tahun yang lalu. Sehingga besar kemungkinan bahwa untuk 5 tahun yang akan datang e-commerce Indonesia bisa menyamai China.

Baca juga:  Bidang Bisnis Ecommerce Apa saja yang Trend dan Berkembang di Luar Negeri?

Sumber: www.thejakartapost.com

*)

Artikel yang Serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *