Bidang Bisnis Ecommerce Apa saja yang Trend dan Berkembang di Luar Negeri?

Bidang Bisnis Ecommerce Apa saja yang Trend dan Berkembang di Luar Negeri? – Perkembangan teknologi internet yang semakin pesat membuat banyak aktivitas banyak terjadi melalui internet. Oleh karena itu internet bisa menjadi peluang, tetapi sekaligus ancaman bagi banyak pengguna internet di seluruh dunia. Salah satu peluang yang bisa didapat dari internet yaitu dengan menghasilkan uang lewat internet, berbisnis melalui internet. Salah satu bisnis lewat internet yang sedang berkembang adalah bisnis ecommerce.

Bidang Bisnis Ecommerce Apa saja yang Trend dan Berkembang di Luar Negeri?

Sebenarnya bisnis ecommerce sebelum berkembang di Indonesia, bisnis ecommerce lebih dahulu telah berkembang diluar negeri. Tentunya kita sudah mengenal Amazon sebagai situs tempat melakukan transaksi secara online yang paling populer di dunia.

Amazon merupakan salah satu ecommerce yang sudah sukses. Amazon merupakan ecommerce yang berasal dari Amerika Serikat, saat ini Amazon juga berkembang di beberapa negara di dunia. Selain Amazon masih banyak lagi situs ecommerce yang sudah maju dan berkembang diberbagai negara didunia.

Untuk trend ecommerce tiap-tiap negara berbeda antara yang satu dengan yang lain. Misalnya perkembangan trend ecommerce di Amerika Serikat dengan India yang berbeda. Di Amerika ecommercenya lebih banyak dan lebih komplek lagi. Di Amerika Serikat ada banyak macam ecommerce dan lebih khusus. Ada ecommerce yang khusus fashion, elektronik, kuliner, otomotif, properti, dan ada pula ecommerce yang serba ada.

Baca juga:  Pasarwarga.com, situs marketplace bisa cicil tanpa kartu kredit

Sedangkan untuk wilayah Indonesia ecommercenya banyak yang berupa toko online yang serba ada dan belum terlalu di fokuskan untuk satu kategori produk. Kalau pun ada yang memfokuskan pada kategori jenis produk tertentu, jumlah pemainnya juga tidak terlalu banyak.

Salah satu ecomerce yang memfokuskan diri bermain pada satu kategori adalah Zalora. Zalora merupakan salah satu ecommerce yang fokus dibidang fashion. Zalora dan Lazada Indonesia merupakan ecommerce miliki perusahaan Rocket Internet. Zalora dan Lazada sama-sama berjalan di Indonesia dan beberapa negara di Asia Tenggara.

Selain itu di Indonesia juga terdapat ecommerce Bhinneka. Bhinneka merupakan ecommerce yang banyak menjual barang-barang elektronik. Bhinneka merupakan ecommerce yang berasal dari Indonesia dan dimiliki sendiri oleh orang Indonesia. Selain Bhinneka sudah ada beberapa diantaranya yang fokus untuk kategori tertentu saja.

Sebenarnya selain yang disebutkan diatas masih ada lagi ecommerce yang belum disebutkan. Ecommerce yang belum disebutkan merupakan ecommerce yang baru dirintis dan masih dalam tahap perkembangan.

Kesimpulannya

Trend ecommerce yang berkembang luar negeri sudah lebih maju dan fokus hanya pada kategori tertentu saja. Apalagi untuk negara Amerika Serikat dan negara-negara di Eropa, disana ecommercenya sudah maju, dan jumlahnya banyak. Sehingga kita pun harus berpikir lagi untuk membuat ecommerce jenis baru yang lebih menarik.

Tidak seperti di Indonesia yang peluangnya masih sangat besar untuk membuat ecommerce, tergantung kepada diri kita masing-masing apakah ingin membuat ecommerce yang belum ada atau tidak. Dengan peluang yang ada banyak orang-orang luar negeri yang datang ke Indonesia untuk mengembangkan bisnis ecommercenya. Selain itu saat ini Indonesia sedang berkembang menjadi ecommerce yang mapan dan maju.

Baca juga:  Darimana Sumber Penghasilan atau Pendapatan Bukalapak?

*)

Artikel yang Serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *