Bagaimana Cara Mengirimkan Postingan Artikel ke Google?

Bagaimana Cara Mengirimkan Postingan Artikel ke Google – Mengirimkan artikel ke Google merupakan salah satu teknik yang bisa digunakan agar artikel yang kita tulis di blog segera muncul di pencarian (search engine) Google. Ada pula orang yang mengatakan bahwa ini merupakan salah satu teknik SEO (search engine optimization) agar blog atau website bisa populer di mesin pencari.

Nah cara ini sering dilakukan oleh webmaster dan blogger. Saya sendiri dulunya juga sering melakukan ini. Untuk mengirimkan artikel atau postingan ke Google lebih sering disebut dengan submit artikel ke Google.

Bagaimana Cara Mengirimkan Postingan Artikel ke Google?
Sumber: Pixabay

Bagaimana Cara Mengirimkan Postingan Artikel ke Google?

Untuk submit artikel ke Google caranya mudah yaitu dengan menggunakan fitur dari Google. Gunakan Submit URL Google atau klik www.google.com/webmasters/tools/submit-url. Masukkan alamat URL artikel kita disana, sebanyak satu kali saja.

Penting: Jangan lakukan submit URL artikel secara berulang-ulang ke Google karena nantinya Googlebot akan menganggap URL tersebut sebagai spam. Googlebot benci dengan spam, bisa habis blog atau website jika dianggap sebagai spam.

Perlu teman ketahui bahwa mensubmit artikel ke Google tidak serta-merta artikel langsung muncul dihalaman pertama Google, karena ada banyak artikel yang muncul tapi dihalaman belakang Google.

Artikel bisa muncul di halaman pertama, kedua, ketiga dan seterusnya. Selain itu diluar sana banyak juga orang memiliki tulisan dengan topik yang sama, sehingga kita bersaing dengan ratusan bahkan ribuan tulisan lain yang muncul di Google.

Selain itu butuh waktu beberapa menit agar artikel muncul di pencarian Google. Saya dulu pernah setelah beberapa hari barulah artikel saya muncul di Google. Tapi setelah lama kemudian nantinya artikel kita akan semakin cepat muncul di Google, malahan dalam waktu satu menit bisa langsung muncul di Google.

Namun saya sendiri tidak terlalu sering memsubmit artikel atau postingan ke Google, karena ribet. Dulu waktu baru-baru saya sering submit artikel ke Google.

Agar artikel teman-teman muncul di Google bisa dipengaruhi oleh banyak faktor, dan mensubmit artikel merupakan salah satu yang bisa dilakukan. Jangan hanya mengandalkan submit Google (agar artikel muncul di Google) saja tapi gunakan cara yang lain misalnya dengan mendaftarkan blog ke Google Search Console (Google Webmaster). Nantinya robot Google bisa menelusuri postingan blog kamu, sehingga bisa dimunculkan di search engine Google.


Note: Fitur ini sudah dihapus oleh Google

*)

Baca juga:  [Share] 5 Alasan Pindah dari Blogspot ke Wordpress Self Hosting

Artikel yang Serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *