Apakah blog boleh mengunakan Cloudflare?

Apakah blog boleh mengunakan Cloudflare? – Cloudflare adalah layanan CDN gratisan yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan performa website atau blog yang kamu miliki. Cloudflare juga menyediakan layanan berbayar, namun cukup dengan menggunakan layanan gratisan sebenarnya sudah cukup memuaskan.

Mungkin ada yang bertanya, apakah blog atau weblog boleh mengunakan Cloudflare?

Jawabannya boleh sekali, karena dengan menggunakan Cloudflare performa blog kamu akan jadi meningkat atau jadi lebih baik. Peningkatan performa bisa terlihat dari kecepatan loading yang semakin cepat dan pemakaian bandwith yang jadi lebih irit.

***

Blog yang pakai Blogspot atau Blogger ingin pakai Cloudflare? Baca disini..

Untuk pengguna Blogspot atau Blogger.com menurut pendapat saya pribadi tidak perlu menggunakan Cloudflare. Untuk blogspot atau Blogger.com kecepatan loading, server, keamanan website, dan bandwith semuanya sudah ditangani dengan baik oleh Google. Google sendiri adalah pemilik dari Blogspot atau Blogger.

Coba kamu perhatikan, hampir tidak pernah situs blogger atau blogspot yang down karena disk hosting penuh. Hampir tidak pernah juga blogspot tidak bisa dibuka karena jatah bandwith habis. Jarang juga terdengar berita server blogger.com atau blogspot diganggu oleh hacker. Jarang juga loading blogspot yang lelet, pasti yang pakai blogspot rata-rata loadingnya cepat.

Baca juga:  Photobucket: Layanan hosting gambar, hosting video dan berbagi foto

Tak lain dan tak bukan ini karena Google sudah mengelola blogger.com dan blogspot dengan baik. Jadi kalau pendapat saya sendiri jika kita pakai blogspot tidak perlu menggunakan Cloudflare.

***

Blog yang pakai WordPress.com ingin pakai Cloudflare? Baca disini..

Nah yang pakai blog gratisan dari WordPress.com juga sama. Tidak perlu lagi pakai Cloudflare karena server dari WordPress sudah top banget. Untuk kecepatan, bandwith, disk hosting, keamanan sudah ditanggung oleh Automattic selaku pemilik WordPress.com.

Tapi kalau blog menggunakan hosting sendiri yang berbayar atau self hosting boleh banget pakai Cloudflare, malahan sangat direkomendasikan. Seperti yang kita ketahui bahwa hosting berbayar itu tentunya harus membayar pakai uang.

Selain itu tidak ada jaminan bahwa hosting berbayar memiliki performa yang bagus. Kadang kita bisa saja dapat tempat sewa hosting yang kurang bagus misalnya servernya lambat, sering down, sering dapat DDos, dikasi jatah bandwith cuma dikit, dan banyak lagi. Kalau pakai Cloudflare, setidaknya gangguan diatas bisa diatasi.

Malahan ada pihak penyedia hosting seperti Dewaweb itu menyediakan fitur Cloudflare bagi pengguna hostingnya. Ini menunjukkan bahwa pihak penyedia jasa hosting memberikan kepercayaan kepada Cloudflare.

***

WordPress.org direkomendasikan untuk pakai Cloudflare

Salah satu flatform blog yang memiliki fitur untuk Cloudflare adalah WordPress.org. Perlu diketahui bahwa WordPress.org sama WordPress.com itu berbeda. Bagi blogger yang pakai WordPress.org, kamu bisa pakai Cloudflare untuk meningkatkan performa blog kami agar lebih joshhh.

Baca juga:  [Share pengalaman] Membangun situs website besar membutuhkan modal yang besar pula

Waktu saya pakai WordPress, saya dulu juga pakai Cloudflare. Keuntungan yang didapatkan diantaranya loading blog jadi cepat, hemat bandwith apalagi kalau jatah bandwith dikasi cuma sedikit, bisa mengatasi website yang down tapi tetap online terus, bisa mengatasi traffik seramai apa pun pakai Cloudflare.

Kalau platform blog selain WordPress.org saya kurang tau, namun sepertinya juga bisa pakai Cloudflare tapi fiturnya tak selengkap di WordPress.org. Ingin tau lebih banyak silahkan dicari atau coba sendiri haha..

Hanya itu yang bisa disampaikan, semoga bermanfaat..

Staff Editorial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke atas