9 Cara Mendapatkan Inspirasi dan Ide Tulisan di Blog

9 Cara Mendapatkan Inspirasi dan Ide Tulisan di Blog – Sebagai blogger kita juga menyadari bahwa kita bukanlah portal berita yang senantiasa mengunggah tulisan terbarunya. Hampir setiap menit atau jeda beberapa menit selalu ada artikel terbaru yang mereka unggah ke portal berita onlinenya. Dan menurut saya wajar saja jika mereka selalu membuat tulisan terbaru karena mereka memiliki banyak karyawan dan penulis yang membantu dalam pembuatan artikel beritanya.

Sedangkan kita yang notabene hanya bekerja sendiri sebagai blogger, termasuk melakukan semuanya sendiri untuk kegiatan blogging. Mengelola blog sendiri, memaintenance blog sendiri, membayar domain sendiri dan tidak ada pemasukan sama sekali dari blog untuk menghidupi blog. Oleh sebab itu kita pun sering nge-blank alias tidak ada ide yang ingin ditulis.

9 Cara Mendapatkan Inspirasi dan Ide Tulisan di Blog
Sumber: Pixabay

9 Cara Mendapatkan Inspirasi dan Ide Tulisan di Blog

Ini mungkin pertanyaan yang selalu muncul di benak kita para blogger yang kehabisan ide. Bagaimana sih caranya? Di saat orang-orang kehabisan ide, kok blogger lain selalu produktif menghasilkan tulisan-tulisan terbarunya? Ada saja yang bisa mereka (blogger lain) tulis diblog mereka, bahkan hampir tiap hari mereka membuat tulisan terbarunya.

Sekelumit pertanyaan di atas juga pernah muncul dalam benak saya, tapi sekarang saya tidak lagi kehabisan ide untuk membuat tulisan di blog, karena selalu ada saja cara yang bisa saya tulis di blog. Tapi terkadang waktu dan kesibukanlah yang membuat saya tidak sempat menulis. Berikut ini cara yang saya lakukan agar tidak kehabisan ide membuat tulisan di blog.

Baca juga:  5 Dampak Buruk Memasang Iklan Banner Mandiri di Blog

1. Selalu Mencatat Semua Ide yang Terlintas Dalam Pikiran Kamu, Apapun Ide yang Muncul

Ini merupakan cara yang pertama agar tidak kehabisan ide. Caranya juga mudah tinggal ambil kertas selembar, kertas binder, kertas HVS, kertas folio, buku, sticky note, notepad atau apapun itu, kemudian tulis setiap ide yang muncul. Tulis semua ide apapun itu, kemudian bikin tulisannya dan unggah di blog.

Jujur saja saya itu orangnya mudah lupa, sehingga ide yang sudah muncul tapi jika tidak di catat di tempat tertentu seperti kertas. Ide tersebut nantinya akan mudah hilang dan tidak ingat lagi. Sehingga apapun ide yang keluar dari pikiran langsung saya catat di kertas dan kemudian di tempel didinding atau disimpat di tempat yang mudah di jangkau. Jika ingin menulis tinggal buat saja sesuai dengan yang tertera di kertas.

Sebenarnya tidak harus kamu menuliskan ide kamu. Hanya menulis judul saja bisa kamu jadikan pegangan materi yang ingin kamu tulis di blog. Cara ini simpel dan mudah diterapkan.

2. Sering-Sering Melakukan Blog Walking alias Jalan-Jalan ke Blog atau Website Lain

Sering kali saya menemukan ide tulisan ketika saya berkunjung ke blog atau situs lain. Misalnya saya berjalan-jalan ke blog sebelah. Eh ada judul bagus nih tapi pembahasannya kurang menarik. Di situ kadang saya sering dapat ide tulisan di blog.

Bukan berarti copas atau copy paste, saya hanya mengambil ide-ide pokoknya saja, selanjutnya saya kembangkan dengan gaya saya sendiri yang menurut saya lebih menarik. Jika saya tidak sempat menuliskannya saya pun menuliskan kembali di kertas, kalau ada waktu luang saya pun membuat tulisan dengan ide yang sama.

Namun cara ini sebenarnya kurang bagus karena banyak blogger yang kurang setuju. Hal ini dianggap copy paste yaitu copy paste ide. Saran saya lebih baik tulis artikel jenis baru yang benar-benar berbeda dengan blog lain. Namun boleh-boleh saja kalau kamu mencari sumber dari blog lain.

3. Sering-Sering Membaca Komentar di Blog Orang Lain

Dengan membaca komentar di blog orang lain saya sering menemukan ide tulisan di blog. Sering saya temui ada beberapa komentar di blog yang menanyakan sesuatu. Kasihannya lagi pertanyaan tersebut tidak dijawab dan tidak di gubris. Kadang pemilik blognya malah mengabaikan pertanyaan tersebut, dan lebih memilih menjawab pertanyaan yang lain.

Baca juga:  9 Manfaat Link Internal Bagi Blog

Dari sini saya juga sering mendapatkan ide tulisan di blog. Ini menandakan jika orang bertanya berarti masih ada orang yang membutuhkan informasi tersebut. Sehingga ada baiknya kita membantu orang-orang tersebut untuk menemukan jawabannya, dengan membuat tulisan atau membahas topik yang sesuai dengan pertanyaan tersebut.

4. Sering-Seringlah Membuat Tulisan atau Artikel di Blog

Berdasarkan pengalaman saya, semakin sering kita menulis maka semakin mudah pula untuk menemukan ide baru. Saya itu dulunya termasuk orang yang suka berdiam diri, kurang pergaulan alias unsos, jarang berbicara dan intinya saya itu orangnya pendiam.

Karena saya itu termasuk orang yang jarang bicara dan kurang berinteraksi saya pun memulai menulis di blog. Alhamdulillah, semua ide atau isi pikiran saya bisa dikeluarkan lewat blog ini dan rasanya plong. Saya pun semakin sering menulis, terus menerus menulis sampai pada kondisi dimana saya merasa kecanduan untuk menulis.

Dalam satu hari, jika tidak menulis atau membuat satu artikel di blog itu rasanya seperti ada yang kurang. Sehingga saya merasa menulis di blog itu adalah kesukaan saya dan menjadi bagian dalam hidup saya. Karena terlalu sering menulis, ada saja ide tulisan yang bisa saya tulis di blog. Saya pun merasa tidak kesulitan menemukan ide tulisan di blog. Ibarat pepatah “Pisau tajam karena diasah”, begitu pula dengan ide pikiran. Ide itu akan terus keluar kalau selalu di tuliskan.

5. Menemukan Ide dengan Membahas Topik yang Sedang Nge-hits atau sering Diperbincang di Masyarakat

Dari banyaknya topik yang sering di bahas, saya terkadang juga ikut membahasnya. Misalnya lagi hangat-hangatnya pembahasan tentang demo supir taksi konvensional mengenai transportasi online. Topik yang banyak diperbincangkan cenderung ramai dicari orang. Oleh karena itu buatlah artikel yang berisi informasi yang benar bermanfaat untuk pembaca.

6. Menemukan Ide Tulisan Sesuai dengan Ketertarikan (Passion) dan Minat yang Kita Miliki

Sambungan dari point sebelumnya. Saya itu suka dengan dunia teknologi dan ekonomi bisnis. Saya pun lebih suka membahas tentang topik yang saya sukai tersebut. Karena saya suka, saya pun lebih memahami topik tentang teknologi dan ekonomi bisnis. Karena saya tau, saya pun membuat artikel yang berhubungan dengan teknologi dan bisnis.

Baca juga:  9 Cara yang Bisa Dilakukan Agar Artikel Kamu Lebih SEO Friendly

Begitu juga dengan teman-teman lain, jika teman-teman sudah mengentahui ketertarikan dan minatnya apa, saya yakin teman-teman tidak sulit menemukan ide yang ingin di tulis di blog. Jika teman-teman tertarik dengan dunia otomotif, teman-teman bisa membahas dunia otomotif secara lengkap dan detail.

Dari dunia otomotif saja sangat banyak topik yang bisa dikembangkan dan dituliskan dalam bentuk artikel. Karena dunia otomotif itu sangat luas sekali pembahasannya, saya yakin teman-teman pasti bisa mengembangkannya. Itu baru contoh saja sedangkan masing-masing kita memiliki ketertarikan yang berbeda antara satu dengan yang lain.

7. Perbanyak Membaca Apapun yang Kamu Sukai, Baik itu Buku, Koran, Berita Online dan juga yang Lainnya

Perlu kamu ketahui bahwa semakin banyak membaca membuat wawasan kamu semakin luas. Semakin luas wawasan tentunya kita akan memiliki ide atau inspirasi tulisan yang unik. Membaca juga membantu kamu menemuka ide tulisan yang cocok untuk ditulis diblog kamu.

8. Sebaiknya Ikut dan Terlibat dalam Forum Diskusi Online

Saat ini ada banyak situs yang menyediakan untuk berdiskusi online. Ada beberapa situs yang menjadi tempat diskusi yang populer digunakan oleh orang Indonesia diantaranya.

  • Kaskus
  • Bersosial
  • Yahoo Answer
  • Forum Google
  • Grup Facebook
  • Sosial media tanya jawab Ask.fm
  • Dan banyak forum online lainnya.

Dengan terlibat di forum online kamu akan menemukan topik yang layak dibahas dan dijadikan bahan untuk tulisan kamu di blog.

9. Membuat Tulisan Sesuai dengan Keyword Rekomendasi yang Muncul yang Dimesin Pencari Google, Yahoo, Ask, Bing dan Lainnya

Mungkin kamu pernah membuka Google yang mana ketika kamu ingin mencari sesuatu. Biasanya muncul kalimat tertentu yang direkomendasikan oleh Google. Kalimat yang muncul tersebut merupakan kalimat yang sering dicari di Google.

Jika kamu paham tentang topik tersebut, kamu bisa membuat artikel dengan judul yang mirip dengan kalimat yang dicari di Google. Sebenarnya bukan hanya Google saja, tapi mesin pencari lain juga memberikan rekomendasi keyword seperti ini.

Kesimpulan

Itulah cara yang bisa dilakukan agar kita tidak kehilangan ide dan inspirasi tulisan di blog. Mungkin juga masih ada cara lain untuk menghasilkan ide dan inspirasi tulisan di blog berdasarkan tips dan pengalaman blogger lain. Namun pada intinya semakin banyak membaca kamu akan semakin mudah menemukan ide tulisan yang ingin dibuat diblog.

*)

Staff Editorial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke atas