9 Cara agar Baterai Smartphone Irit dan Tidak Boros

9 Cara agar Baterai Smartphone Irit dan Tidak Boros – Saat ini smartphone menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Dalam satu smartphone bisa kita gunakan untuk banyak fungsi seperti melihat email, chatting messenger, sosial media, presentasi, edit foto dan video, browsing, game dan banyak lagi.

Ilustrasi sederhana yang bisa kita ambil adalah dalam satu ponsel smartphone bisa kita masukkan berbagai macam apikasi yang jumlahnya lebih dari 30 aplikasi. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, BBM, Line, WhatApp, Gmail, Opera, UCBrowser, Youtube, PlayStore, Google Maps dan banyak lagi aplikasi lainnya.

Semua pengguna smartphone Android pasti menginginkan smartphone yang irit baterai. Tentunya akan menjadi masalah pada saat butuh tapi baterainya malah habis. Misalnya kita harus membaca materi untuk presentasi lewat smartphone tapi smartphonenya mati. Akan jadi masalah jika nanti materinya belum sempat dipelajari.

Daftar Isi

9 Cara agar Baterai Smartphone Irit dan Tidak Boros

Mengenai cara mengatasi agar smartphone lebih hemat baterai ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. Sejauh ini ada 9 cara yang bisa kita lakukan agar baterai smartphone irit.

1. Mematikan Koneksi Internet di Smartphone

Tetap menghubungkan antara smartphone dengan internet akan membuat konsumsi baterai smartphone lebih besar. Hal ini dikarenakan smartphone membutuhkan daya yang besar, karena hampir semua aplikasi di smartphone terhubung dengan internet. Untuk mengurangi konsumsi baterai smartphone ada baiknya koneksi internet dimatikan saja.

2. Mematikan atau “Force Stop” Aplikasi di Smartphone

Cara lain agar baterai smartphone lebih irit adalah dengan mematikan sementara aplikasi android yang tidak digunakan. Berikut ini langkah-langkahnya.

Buka Setting atau Pengaturan di Smartphone Android.
Kemudian pilih Apps atau Aplikasi.
Selanjutnya pilih aplikasi yang ingin dimatikan.
Misalnya pilih LINE, dan klik Force Stop atau Hentikan.
Kemudian biarkan beberapa aplikasi lain yang sering digunakan.

3.Tidak Membuka atau Mengunakan Aplikasi yang Menggunakan Koneksi Internet

Semakin banyak kita membuka dan memainkan aplikasi yang menggunakan koneksi internet maka semakin cepat baterai smartphone kita habis. Misalnya kita sering social media, internetan, Youtube maka baterai kita bisa lebih cepat habis dari biasanya.

4. Menghapus atau Menguninstall Aplikasi yang Tidak Penting

Semakin banyak aplikasi yang kita pasang di smartphone, maka semakin cepat pula baterai smartphone habis. Hal ini pernah saya rasakan sendiri. Langkah mudah yang bisa diambil adalah menguninstal aplikasi yang tidak penting.

Baca juga:  Hati-hati, Ini Risiko Menggunakan Charger Smartphone dari Pihak Ketiga

5. Kurangi Kecerahan Cahaya Dilayar Smartphone

Untuk kamu yang memiliki tingkat kecerahan layar yang cukup tinggi sebaiknya kurangi kecerahan layar smartphone. Sebenarnya boleh saja layar smartphone dibuat cerah. Itupun kalau diluar ruangan.

6. Matikan GPS di Smartphone

Banyak orang yang menggunakan smartphone tapi tidak sadar bahwa mereka sedang mengaktifkan GPS. Sebenarnya boleh-boleh saja mengaktifkan GPS, itupun kalau memang dibutuhkan. Tapi GPS tidak perlu diaktifkan kalau tidak dibutuhkan.

7. Kurangi Main Game Online dan Game Biasa

Game ini pada dasarnya memang menyebabkan baterai smartphone cepat habis. Untuk game online juga bisa menyebabkan baterai lebih cepat. Malahan lebih cepat dihabis dibandingkan dengan game offline.

8. Hapus Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Aplikasi yang terlalu banyak bisa menyebabkan baterai smartphone cepat habis. Apalagi kalau aplikasinya sebagian besar membutuhkan koneksi internet. Ini bisa menyebabkan baterai kamu cepat habis.

9. Hapus Aplikasi Backup Otomatis

Untuk kamu yang menggunakan smartphone baru tanpa kamu sadari biasanya tersedia aplikasi Auto Backup Google. Selagi smartphone kamu masih terhubung dengan internet, aplikasi ini akan mengupload atau membackup data secara otomatis tanpa kamu sadari. Aplikasi backup ini bisa menyebabkan smartphone cepat panas. Aplikasi ini tidak perlu, sebaiknya dihapus saja.

Kesimpulan

Itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat baterai smartphone. Cara ini tidak akan membuat baterai smartphone kamu langsung irit dan tahan lama. Tapi ini bisa mengurangi pemakaian baterai smartphone yang boros atau cepat habis.

Baca juga:  6 Penyebab Smartphone Cepat Panas dan Solusi Mengatasinya

*)

Haryono

Capek nulis, akhirnya beralih jadi tukang iklan. Melayani jasa fb ads, ig ads, google ads, buat web, buat landingpage, buat blog, buat artikel seo. Hubungi aja 0852-1172-4490.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas