8 Cara Memperbaiki Rangking Alexa Menjadi Lebih Baik

8 Cara Memperbaiki Rangking Alexa Menjadi Lebih Baik – Bagi kalangan blogger atau pengembang website ranking Alexa sebuah website bisa menjadi indikator kesuksesan sebuah website. Sebagai buktinya banyak situs yang mendapatkan rangking yang bagus menjadi situs yang populer. Selain itu banyak pula advertiser atau pemasang iklan yang mempertimbangkan pemilihan tempat mamasang iklan berdasarkan rangking Alexa suatu website.

8 Cara Memperbaiki Rangking Alexa Menjadi Lebih Baik
Blogging – Gambar: Freepik

Bagi kamu yang mengandalkan pendapatan seperti periklanan dari blog tentunya dituntut untuk memiliki rangking Alexa yang bagus. Dengan rangking yang bagus tentunya kamu memiliki peluang yang bagus untuk mendapatkan penawaran iklan dengan harga yang lebih tinggi lagi. Bukan hanya itu, rangking alexa yang bagus bisa menunjukkan eksistensi blog atau website kamu di internet.

Untuk kamu yang masih bingung berikut ini ada 8 cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan rangking Alexa yang bagus.

1. Membuat Postingan Artikel yang Bagus dan Menarik

Percaya atau tidak dengan membuat artikel yang bagus bisa membuat pengunjung blog kamu bisa nyaman berkunjung di blog kamu. Salah satu indikator artikel yang kamu buat terlihat bagus bisa dilihat dari jumlah halaman yang dibuka oleh satu orang pengunjung.

Baca juga:  9 Cara Mendapatkan Inspirasi dan Ide Tulisan di Blog

Jika mereka hanya membuka satu halaman saja berarti artikel yang kamu buat tidak terlalu menarik untuk dibaca. Satu lagi, jangan copy paste artikel orang lain meskipun kamu sudah masukkan sumber resmi.

2. Fokus Membuat Artikel Khusus untuk Topik Tertentu Saja

Istilah ini sering disebut orang sebagai blog niche. Niche artinya ceruk. Ceruk merupakan bagian kecil dari banyak pilihan. Sebagai contoh misalnya membuat blog yang berisi khusus satu topik saja seperti blog khusus game. Jadi topik yang kamu buat semuanya berhubungan dengan game saja.

Ada banyak topik game yang bisa kamu bahas secara lengkap dan detail. Topik game bisa berupa game mobile, game pc, game console selain itu kamu bisa bahas lebih khusus lagi game mobile android atau game mobile iOS. Intinya fokuskan artikel yang kamu buat khusus untuk topik game saja. Ini akan membuat blog kamu lebih mudah diingat.

3. Tambahkan Nilai Manfaat yang Bisa Kamu Berikan Kepada Pengunjung

Memberikan nilai tambah manfaat bisa dilakukan dengan menyediakan fitur tanya jawab, konsultasi, atau komunitas. Dengan fitur seperti ini tentunya akan membuat pengunjung blog kamu akan semakin loyal yang berdampak pada kunjungan yang terus menerus.

Jika berkunjung berulang-ulang ini akan membuat blog kamu semakin ramai dan tidak sepi dari pengunjung. Ini tentunya berdampak pada rangking Alexa yang semakin membaik.

4. Memberikan Ruang Pengunjung untuk Bisa Berkontribusi Seperti Mengirimkan Artikel

Cara ini sebenarnya sudah diterapkan oleh situs besar seperti Kaskus dan Kompasiana yang memberikan ruang kepada pengunjung untuk membuat artikel disitus mereka. Hal ini membuat situs mereka tidak sepi dari kunjungan. Dan rata-rata pegunjung situs mereka loyal dan rajin berkunjung ulang untuk melihat artikel yang diposting.

Baca juga:  Situs Download Aplikasi Ilegal Bisakah Dipasangi Google Adsense?

Untuk kamu para blogger yang tidak menyediakan fitur login member di website kamu bisa membuka lowongan dengan memberikan kontak email yang bisa digunakan untuk menerima artikel dari pengunjung.

5. Membagikan Postingan Artikel ke Sosial Media dengan Rutin

Untuk kamu yang memiliki blog sebaiknya kamu memiliki akun sosial media khusus untuk blog yang kamu bangun. Baik itu di Facebook, Twitter, Twitter, Youtube, Instagram dan juga sosial media lainnya.

Dengan cara seperti ini akan membuat blog kamu semakin banyak mendapatkan kunjungan melalui sosial media. Dengan cara ini blog kamu semakin banyak mendapatkan kunjungan dari sosial media.

6. Mengganti Template Blog ke yang Lebih Sederhana dengan Loading yang Cepat

Mengganti template bisa membuat blog atau website kamu memiliki rangking Alexa yang lebih baik dari sebelumnya. Template bisa mempermudah mesin pencari dalam mengindeks blog yang kamu miliki. Selain itu template yang bagus bisa membuat pengunjung merasa nyaman berkunjung ke blog yang kamu.

Ditambah lagi loading blog yang cepat ini akan membuat pengunjung merasa tidak perlu menunggu lama. Ini akan membuat pengunjung betah. Selain itu menganti template dengan bentuk yang profesional bisa membuat pengunjung yakin dengan materi yang kamu sampaikan. Buktinya template atau tampilan website memberikan pengaruh besar terhadap rangking Alexa dibuktikan oleh Sindonews.com.

7. Perbaiki Posisi Artikel di Mesin Pencari Seperti Google, Bing, Yahoo dan kawan-kawan

Memperbaiki posisi artikel di mesin pencari bisa dilakukan dengan cara yang gratis. Cara gratis ini dikenal dengan Search Engine Optimization atau SEO. Cara agar artikel SEO bisa dengan membuat artikel yang panjang dan dengan judul yang pas dan to the point.

Baca juga:  7 Alasan Mengapa Kamu Harus Menggunakan Blogspot Ketimbang yang Lain

Dengan SEO kamu bisa mendapatkan banyak trafik organik dari mesin pencari. Semakin banyak yang berkunjung melalui mesin pencari bisa membuat blog kamu memiliki posisi yang bagus di rangking Alexa.

8. Memperbaiki Bounce Rate atau Rasio Pantulan Website atau Blog

Blog atau web yang memiliki bounce rate yang jelek biasanya berpeluang besar mendapatkan rangking alexa yang buruk. Bounce rate yang buruk adalah diatas 60 persen. Jika kecil bounce rate sebuah blog maka bisa disimpulkan bahwa pengunjung sering membuka artikel yang lain. Jadi satu pengunjung bisa membuka 2 atau lebih artikel. Jika semua pengunjung seperti ini tentunya bisa membawa memperbaiki posisi Alexa Rank menjadi lebih baik lagi.

Kesimpulannya

Sebenarnya kunci dari bagus tidaknya rangking Alexa dipengaruhi oleh pageviews, visitors, bounce rate, dan waktu loading website. Jika kamu memiliki pageviews, visitors, bounce rate, dan waktu loading website yang baik maka kamu akan mendapatkan rangking Alexa yang baik. Dan cara yang disampaikan diatas merupakan cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pageviews, visitors, bounce rate, dan waktu loading website.

Artikel yang Serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *