7 Alasan Mengapa Kamu Harus Menggunakan Blogspot Ketimbang yang Lain

7 Alasan Mengapa Kamu Harus Menggunakan Blogspot Ketimbang yang Lain – Setiap pilihan yang kita pilih tentunya memiliki alasan dan pertimbangan tertentu. Tentunya semua pilihan yang dibuat memiliki plus minus, memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Oleh sebab itu kembali lagi kepada diri kita masing-masing, ingin memilih pilihan yang mana. Termasuk dalam milih platform blog yang ingin kita gunakan. Dalam membuat blog kita bisa memilih Blogspot, WordPress, Blogdetik dan yang lain.

7 Alasan Mengapa Kamu Harus Menggunakan Blogspot Ketimbang yang Lain
Sumber: Pixabay

7 Alasan Mengapa Kamu Harus Menggunakan Blogspot Ketimbang yang Lain

Tentunya ada yang bertanya mengapa banyak orang yang menggunakan Blogger atau Blogspot. Sebenarnya bukan hanya pertanyaan buat kita saja mungkin buat yang lain juga. Di luar sana ada banyak yang bertanya-tanya mengapa banyak blogger yang menggunakan Blogspot. Berikut ini ada beberapa alasannya.

1. Blogspot Gratis Digunakan Sampai Kapanpun

Sejauh yang saya ketahui Blogger merupakan situs tempat membuat blog yang gratis, tidak ada pungutan biaya yang diminta oleh pihak Blogger. Sejak saya membuat blog, tidak ada biaya yang saya bayarkan kepihak Blogger atau pihak Google sebagai pemilik Blogger. Biaya yang saya keluarkan adalah biaya sewa di warnet atau biaya pengeluaran kuota internet.

Selain itu hosting di Blogger juga gratis, tidak seperti hosting di WordPress.org yang membutuhkan pengeluaran untuk hosting sendiri misalnya jika kita membuat blog di WordPress.org biasanya kita membeli domain sendiri, selain biaya domain kita juga mengeluarkan biaya hosting. Ini berbeda jika menggunakan Blogger, menggunakan domain sendiri di Blogger kita hanya mengeluarkan biaya domain saja sedangkan biaya hosting gratis.

Baca juga:  6 Ciri Komentar Blog yang Disukai Mesin Pencari Google

Jika kita menggunakan WordPress.com juga hampir sama, sama-sama gratis tapi jika ingin menambahkan fitur tertentu kita harus membayar ke WordPress.com agar fitur yang bisa kita gunakan di WordPress.com semakin banyak.

2. Dengan Blogspot Tidak Perlu Khawatir Servernya Down

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Blogger merupakan salah satu tempat membuat blog gratis milik Google. Sebelumnya Blogger milik Pyra Labs lalu kemudian dibeli oleh Google si raksasa mesin pencari dunia. Karena Blogger milik Google saya tidak khawatir server down, saya sudah yakin Google akan selalu memaintenance server Blogger sehingga kinerjanya tetap lancar dan tidak down.

Ini akan berbeda dengan hosting sendiri dimana kita harus menyewa server diluar sana, jika lalu lintas situs blog sudah semakin ramai biasanya akan ada sedikit gangguan server bahkan tak jarang yang servernya down karena terlalu sibuk. Jika ingin servernya tidak down kita lagi-lagi harus menambah biaya sewa server agar kinerja website blog lebih optimal.

3. Blogspot merupakan Blog yang Bisa Dimonetisasi dengan Google Adsense

Banyak orang yang memiliki alasan membangun blog untuk berbagi ilmu dan mendapatkan penghasilan dari internet. Tak jarang orang memanfaat blognya untuk di monetisasi agar blognya bisa mendatangkan uang, caranya dengan mengikuti Google Adsense. Banyak sekali orang yang berlomba-lomba ingin mendapatkan akun Google Adsense.

Perlu diketahui bahwa untuk bisa mendapatkan akun Google Adsense tidak mudah, kita harus bisa mengikuti aturan yang sudah di buat. Salah satunya agar bisa mendaftar Google Adsense kita harus memiliki website atau blog yang diperbolehkan memasangkan iklan Google Adsense dan Blogger salah satu blog yang diizinkan untuk memasang iklan Google Adsense.

Baca juga:  6 Bentuk Komentar SPAM yang Bisa Ditemukan di Blog

Hal ini tentunya berbeda dengan WordPress.com, di WordPress.com kita tidak diizinkan memasang iklan Google Adsense. Hal ini dibuktikan dengan tidak tersedianya fitur untuk memasang iklan Google Adsense di WordPress.

Dengan alasan inilah banyak orang memilih membangun blog di Blogger karena kita bisa memasang iklan Google Adsense, karena penghasilan yang dihasilkan jumlahnya lumayan besar.

Sehingga tak jarang banyak blogger yang mengantungkan hidupnya dari blog yang ada Google Adsense, ada yang penghasilanya jutaan rupiah, puluhan juta hingga ratusan juta dari blog.

4. Bisa Memilih Tampilan sesuai dengan yang Diinginkan

Tentunya sudah banyak dari pengguna Blogger yang mengetahui hal ini, di Blogger kita bisa mengubah tampilan di blog, caranya dengan mengganti template blog. Template blogger sangat banyak sekali bertebaran di internet bisa dipilih sesuai dengan yang kita inginkan. Ada banyak pilihan template yang gratis, ada pula template yang berbayar atau premium.

Template untuk Blogger bisa kita download di internet, bisa dipilih sesuai dengan yang diinginkan. Template Blogger banyak tersedia dari situs baik dalam maupun luar negeri. Dengan berbagai macam fitur dan variasi tampilan.

Selain itu jika kita ingin mengubah tampilan di blog kita bisa mengubah tampilan dengan mengutak-atik kode HTML, CSS atau kode Java Script di Blogger. Berbeda dengan WordPress.com kita tidak bisa memilih template, karena pilihannya sedikit. Di WordPress kita juga tidak bisa mengubah tampilan atau mengutak-atik kode HTML, CSS atau kode Java Script.

Sehingga kebanyakan tampilan antara blog WordPress yang satu dengan yang lain banyak yang sama. Apalagi untuk orang yang ingin tampil beda, Blogger sangat rekomended sekali karena antara kita bisa tampil beda dengan selera dan gayanya masing-masing.

5. Blogsot Mudah Digunakan alias User Friendly

Berdasarkan pengalaman saya sendiri, menurut saya Blogger itu mudah digunakan dan cukup user friendly, baik itu dari segi fitur ataupun dari segi lainnya. Apalagi untuk blogger newbie, Blogger merupakan tempat yang cocok sekali karena mudah digunakan dan mudah dipahami.

Baca juga:  6 Cara Copy Paste yang Baik, Benar dan Beretika di Blog (Kalau tidak malu)

Bahkan bukan hanya kalangan blogger newbie saja yang sering menggunakan Blogger, banyak dari kalangan Pro alias profesional yang juga menggunakan Blogger.

6. Mudah Menemukan Toturial Tentang Tata Cara Menggunakan Blogspot di Internet

Sama seperti yang lainnya, meskipun blogger tersebut sudah profesional mereka juga pernah menjadi newbie. Untuk orang-orang yang sudah Pro tentunya butuh proses belajar, seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya tutorial Blogger itu mudah ditemukan di internet. Jadi dari blogger newbie ingin menjadi blogger profesional caranya kita bisa belajar dari internet.

Apapun yang ingin kita cari di internet tentang Blogspot pasti muncul dan bisa kita temukan. Hampir sebagian besar tutorial blog khususnya yang berbahasa Indonesia membahas mengenai tutorial blogspot. Intinya ada banyak referensi yang bisa kita dapatkan untuk mempelajari Blogger – Blogspot.

7. Blogspot Lebih Mudah untuk Dioptimasi agar Menjadi Lebih SEO

Sebagian besar blogger atau webmaster tentu menginginkan agar blognya menjadi lebih SEO. SEO ini tujuannya agar blog kita mudah ditemukan mesin pencari baik itu Google, Yahoo, Bing, Ask, Live dan mesin pencari lainnya.

Akan banyak sekali keuntungan yang akan kita dapatkan jika blog kita SEO friendly, blog bisa terkenal, blog mudah ditemukan, sering muncul di mesin pencari, bisa meningkatkan trafik kunjungan blog, dan juga bisa menambah pendapatan blog.

Kesimpulan

Itulah beberapa alasan mengapa kamu harus menggunakan Blogspot. Menurut saya Blogspot sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin belajar blog atau blogger pemula. Tapi jika kamu sudah cukup matang, kamu bisa berpindah ke WordPress.org dengan menggunakan hosting sendiri.

*)

Staff Editorial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas