6 Cara Copy Paste yang Baik, Benar dan Beretika di Blog (Kalau tidak malu)

6 Cara Copy Paste yang Baik, Benar dan Beretika di Blog (Kalau tidak malu) – Mengcopy atau memperbanyak hasil buatan atau karya orang lain merupakan hal yang sering terjadi. Di kalangan blogger copy paste merupakan hal yang pernah atau bahkan sudah sering dilakukan. Jika berbicara jujur saya sendiri juga pernah melakukan copy kemudian saya paste dan tanpa satu kurang apa pun baik itu titik komanya tidak saya ubah sedikit pun.

Namun setelah waktu berjalan saya mulai menyadari bahwa tindakan copy paste itu sangat merugikan sekali. Salah satunya adalah kesulitan mendaftarkan Google Adsense. Walaupun saya sudah mencantumkan sumbernya namun si om Google tetap mendeteksi jika blog saya adalah copy paste. Bukan hanya itu saja masih banyak lagi hal-hal yang merugikan diri sendiri ketika mengcopy paste dari tulisan situs atau blog orang lain.

6 Cara Copy Paste yang Baik, Benar dan Beretika di Blog (Kalau tidak malu)
Sumber: Pixabay

6 Cara Copy Paste yang Baik, Benar dan Beretika di Blog

Berikut ini cara copy paste yang baik, benar dan beretika di blog. Semoga bisa bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi pembaca.

Baca juga:  4 Penyebab Rangking Alexa Blog atau Website Kamu Memburuk

1. Membaca dan Memahami Suatu Artikel

Membaca dan memahami memang selalu memunculkan inspirasi baru. Copy paste yang baik itu tidak akan langsung Ctrl+A, tapi harus membaca. Dengan membaca dan kemudian memahami apa yang disampaikan kita bisa mengambil ini sari atau ide pokok yang disampaikan oleh penulis artikel.

Membaca dan memahami ini bukan hanya berguna untuk kegiatan copy paste blog, tapi juga berguna dan bermanfaat untuk menambah wawasan dan ilmu kita sendiri. Ada kasus yang banyak terjadi dikalangan blogger yaitu ketika mereka menyampaikan materi tapi mereka tidak memahami apa yang disampaikan. Misalnya ada blogger lain yang bertanya dan tidak bisa menjawab.

2. Mengambil Ide Pokok yang Disampaikan oleh Suatu Artikel

Ketika sudah membaca dan memahami tentunya kita akan mengetahui apa yang menjadi ide pokok dan inti yang disampaikan. Ide pokok ini juga menjadinya nyawa dari artikel yang akan kita tulis. Jika sudah mengetahui ide pokoknya tentunya kita juga memahami inti dari yang kita sampaikan dan bisa dikembangkan lebih luas lagi, intinya tetap sama tapi penyampaiannya bisa disusaikan dengan gaya bahasa sendiri.

3. Menulis Artikel dengan Gaya Bahasa yang Berbeda

Penulisan dengan gaya bahasa yang berbeda akan membuat tulisan kita semakin gurih dan renyah dinikmati pembaca. Apalagi jika dalam penulisan ditambahkan dengan opini atau tambahan informasi yang bermanfaat ini membuat postingan blog kita semakin bagus. Bahkan bisa lebih bagus dan menarik dari sumber yang aslinya, karena dalam postingan ada penambahan informasi terbaru didalamnya dan lebih uptodate.

Baca juga:  10 Kelebihan Alexa Rank yang Harus Kamu Ketahui

4. Meminta Izin dengan Penulis yang Asli

Dengan meminta izin bukan hanya bermanfaat untuk penulisan artikel tapi juga bisa menambah silaturrahmi. Meminta izin juga merupakan etika yang baik, kalau sudah di izinkan tidak masalah di copy paste dan ditulis ulang. Tapi kalau tidak diizinkan sebaiknya jangan melakukan copy paste. Jika memang ingin copy paste bisa meminta izin dengan mencari blog lain atau penulis.

5. Jangan Lupa Mencantumkan Sumbernya Berupa Link Aktif

Bukti jika kita melakukan copy paste yang baik benar adalah dengan menyantumkan sumbernya. Mencantumkan sumber merupakan cara sederhana menghargai hasil karya orang lain. Caranya mudah tinggal menyebutkan sumbernya atau bisa dengan mencantumkan link sumbernya di postingan. Contoh sederhananya misalnya “penulisan artikel ini disadur dari domain.com atau nama orang, dsb” atau “Sumber: www.domain.com/sumber-postingan-blog”

6. Jangan Lupa Mengunakan Tools Plagiarism Checker

Agar postingan semakin kuat di mesin pencari dan untuk mengatasi adanya kata atau kalimat copy paste sebaiknya gunakan tools plagiarism checker. Caranya mudah dengan mengcopy paste artikel yang sudah ditulis ulang di situs tools plagiarism checker, jika masih terdeteksi kalimat copy paste kita bisa mengubahnya kembali.

Blog yang bebas dari copy paste akan membuat blog kita semakin kuat di mesin pencari seperti Google. Tools ini bukan hanya bermanfaat ketika menulis ulang artikel copy paste, tapi juga bisa digunakan untuk menulis artikel yang ditulis sendiri.

Baca juga:  10 Manfaat Memiliki Blog atau Website Sendiri

Cek artikel di: smallseotools.com/plagiarism-checker/

Kesimpulan

Ini merupakan cara agar artikel copy paste lebih elegan, berkelas dan lebih beretika. Namun meskipun demikian banyak orang yang tidak setuju dengan cara ini, karena masih ada unsur pelanggaran yaitu mencuri ide orang lain. Oleh karena itu sebaiknya buatlah artikel yang benar-benar berbeda dan belum penah dibuat oleh orang lain.

*)

Haryono

Capek nulis, akhirnya beralih jadi tukang iklan. Melayani jasa fb ads, ig ads, google ads, buat web, buat landingpage, buat blog, buat artikel seo. Hubungi aja 0852-1172-4490.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke atas