10 Penyebab Aplikasi Play Store Tidak Bisa Dibuka

10 Penyebab Aplikasi Play Store Tidak Bisa Dibuka – Bagi yang menggunakan smartphone Android tentunya sudah akrab dengan aplikasi ini yaitu Play Store atau Google Play. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang tersedia di smartphone Androiduntuk mendownload aplikasi secara gratis di toko aplikasi milik Google.

Di toko aplikasi Google ini sudah terdapat berbagai macam kategori sesuai dengan yang dibutuhkan pengguna. Berdasarkan data dari Statista (data terakhir Juli 2015) di Play Store sudah tersedia lebih dari 1,6 juta aplikasi. Tentunya ini akan bertambah lagi untuk tahun mendatang.

10 Penyebab Aplikasi Play Store (Google Play) Android Tidak Bisa Dibuka

Mengenai aplikasi Play Store tidak bisa dibuka disebabkan oleh banyak faktor. Untuk lebih jelasnya saya akan memaparkan beberapa penyebabnya, yaitu.

Baca juga:  Bagaimana Cara Menghilangkan Iklan di Browser Smartphone?

1. Koneksi Internet yang Buruk atau Sinyal yang Lemah

Seringkali sinyal yang lemah menjadi penyebab aplikasi Play Store tidak bisa dibuka, saya sendiri pernah mengalami hal ini.

2. Berada di Lokasi yang Terpencil

Tidak semua daerah tersedia jaringan internet, terutama untuk daerah yang jauh dari perkotaan. Misalnya daerah pedalaman yang terpencil biasanya jarang ada koneksi internet.

3. Kartu SIM Internetan yang Kualitas Jaringannya Buruk

Tidak semua operator kartu SIM pelayanan internetnya sama, ada banyak operator yang pelayanan jaringan internetnya buruk. Sebagai rekomendasikan operator yang ada merah-merahnya gitu yaitu Telkomsel yang Indonesia punya.

4. Baterai Smartphone yang Tinggal Sedikit

Untuk smartphone jenis tertentu biasanya jika baterai sudah mencapai merah atau tinggal sedikit, maka otomatis jaringan internetnya mati sehingga kita gagal membuka Play Store.

5. Settingan Pilihan Jaringan Internet

Agar bisa terkonek dengan internet ,sebaiknya gunakan settingan minimal jaringan 3G, jika 2G biasanya agak lambat dan kadang gagal membuka Play Store. Hal ini pernah saya rasakan sendiri ketika baru punya smartphone, karena belum tahu settingan jaringan saya gagal membuka smartphone.

Setelah diubah settingannya menjadi jaringan 3G barulah bisa membuka Play Store. Pengalaman serupa seperti ini juga pernah dirasakan oleh teman saya di kampus.

6. Smartphone yang Loadingnya Lama

Untuk smartphone yang kinerjanya lama sering kali gagal membuka aplikasi Play Store. Biasanya muncul semacam pemberitahuna jika kita tidak berhasil dan gagal membuka aplikasi Play Store. Biasanya sering terjadi pada smartphone yang RAM-nya kecil.

Baca juga:  Apa itu Google Chrome? Kelebihan dan Kekurangannya

7. Tidak Terdaftar atau Belum Login ke Aplikasi Play Store

Jika kita gagal membuka aplikasi Play Store sebaiknya kita login menggunakan akun Google yang kita miliki. Kasus seperti ini terjadi bagi mereka yang baru membeli gadgetnya,. Kasus ini juga pernah saya alami ketika membeli smartphone baru.

8. Tidak Punya Kuota Internet atau Kuotanya sudah Habis

Meskipun memiliki smartphone yang punya jaringan yang bagus, kita tidak akan bisa membuka aplikasi Play Store, karena membutuhkan koneksi internet atau kuota internet. Kuota interner habis sudah pasti gagal membuka Play Store.

9. Tidak Memiliki Aplikasi Play Store

Intinya jika ingin mengakses Play Store harus punya aplikasinya jika kita tidak punya dijamin kita tidak akan berhasil membuka Play Store. Ini terjadi untuk mereka yang beda OS (operating system) smartphone.

10.  Aplikasi Google Play Store harus diupdate ke versi terbaru

Saran:
Agar kejadian gagal membuka aplikasi Play Store di Android tidak terjadi sebaiknya pastikan dulu semua masalah diatas sudah diatasi dengan baik dan benar. Cara terbaik untuk mengatasi masalah diatas adalah menyelesaikan masalahnya.

*)

Staff Editorial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke atas