10 Manfaat Memiliki Blog atau Website Sendiri

10 Manfaat Memiliki Blog atau Website Sendiri – Berdasarkan informasi yang didapatkan dari Wikipedia, blog merupakan singkatan dari Web Log. Blog merupakan situs yang berisi tentang postingan atau tulisan seperti website pada umumnya. Kategori blog banyak macamnya sehingga isi setiap blog berbeda antara yang satu dengan yang lain tergantung pada passion penulisnya. Ada blogger fashion, lifestyle, teknologi, bisnis dan banyak lagi.

Blog hampir sama seperti website pada umumnya, blog mudah kita temukan dimesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, Ask, dan mesin pencari lainnya. Blog yang sering kita temui adalah blog dengan domain Blogspot (Blogger), WordPress, Blog Detik, My Wap Blog, Tumblr dan beberapa jenis blog lainnya. Ada berbagai macam topik yang bisa kita temukan di blog, ada topik yang berisi berita, tutorial, fashion, ilmu pengetahuan, informasi unik, curhat, biografi, dan banyak lagi.

Dengan perkembangan teknologi digital seperti saat ini penting bagi kita untuk ikut terjun kedalam dunia tersebut. Dunia digital yang dimaksud adalah dunia teknologi informasi yaitu internet. Sadar atau tidak disadari sebenarnya kita sudah berada didalam era digital dan kita terlibat didalamnya. Salah satu keterlibatan kita adalah interaksi kita sehari di sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, Google Plus.

10 Manfaat Memiliki Blog atau Website Sendiri
Sumber: Pixabay

10 Manfaat Memiliki Blog atau Website Sendiri

Namun sosial media saja tidak cukup, kita harus bisa terlibat lebih jauh lagi caranya dengan memiliki sebuah blog atau web log. Memiliki sebuah blog bisa menunjukkan eksistensi kita dalam dunia internet. Apalagi jika tulisan yang kita buat di blog ramai-ramai dibaca oleh banyak orang.

Semakin banyak dibaca orang, maka semakin eksis nama kita di dunia internet. Namun sebenarnya manfaat memiliki blog tidak hanya sampai disitu saja. Ada banyak manfaat lain yang bisa kita dapatkan ketika memiliki sebuah blog.

1. Menjadi Eksis dan Terkenal di Dunia Maya

Sudah tentu jika ketika memiliki sebuah blog yang tulisannya banyak dibaca orang akan membuat penulisnya semakin terkenal. Semakin banyak yang membaca akan semakin bagus untuk reputasi penulisnya.

Baca juga:  12 Kerugian Melakukan Copy Paste Artikel di Blog

Baik Indonesia maupun luar negeri banyak penulis blog yang terkenal. Di Indonesia ada beberapa blogger yang terkenal diantaranya mas Sugeng Riyadi (Sugeng.id/Mas-sugeng.com), Ricky Pratama (Trikmudahseo.blogspot.com), Marikxon Manurung (Maxmanroe.com), Indri Lidiawati (Juragancipir.com).

Nama yang saya sebutkan diatas merupakan nama-nama blog yang sukses dan berhasil menduduki hasil pencarian teratas di mesin pencari. Di antara mereka ada yang membahas tips dan trik blog, trik SEO, Google Adsense, bisnis, dan berbagai macam artikel lainnya. Berkat blognya yang terkenal, pemiliki blognya juga ikut terkenal dunia maya dan menjadi blogger yang disegani.

2. Menjadi Tempat Berlatih Tulis Menulis

Manfaat ini memang saya rasakan saat ini, saya yang dulunya tidak pandai menuliskan kata-kata tetapi berkat ngeblog saya lebih mengerti bagaimana membuat tulisan yang baik dan mudah dipahami banyak orang. Meskipun masih belum sempurna setidaknya sudah lebih baik daripada sebelumnya.

Semakin sering menulis maka hasil tulisan akan semakin bagus. Tidak hanya itu semakin sering menulis juga membuat pemikiran kita semakin luas dan semakin mudah dalam menuangkan ide dalam bentuk tulisan di blog.

3. Membangun Relasi dengan Banyak Orang

Ngeblog membuat kita banyak berinteraksi dengan banyak orang, selain berinteraksi didunia nyata kita juga bisa berinteraksi didunia maya. Blogger biasanya memiliki komunitas yang bisa kita ikuti. Selain itu blog yang sudah memiliki nama besar akan memiliki fans atau penggemar.

Interaksi seperti ini membuat kita semakin sering berhubungan dengan banyak orang. Semakin sering ngeblog kita juga bisa memiliki banyak kenalan terutama dikalangan para blogger.

Untuk lebih jelasnya para blogger biasanya memiliki komunitas dan kita bisa masuk kedalamnya. Makin banyak relasi makin mudah kita mendapatkan bantuan jika kita membutuhkannya. Salah satu blog yang membangun komunitas blogger adalah blog Juragancipir.com

4. Bisa Membangun Personal Brand atau Image

Membangun personal brand bukan hanya bisa dibangun oleh para artis, pejabat, atau pemain sepakbola saja. Tetapi untuk orang biasa seperti kita, juga bisa membangun personal brand kita sendiri. Cara mudah, yaitu menggunakan blog atau web sendiri.

Melalui sebuah blog kita bisa memperkenalkan diri kita kepada banyak orang di jagat internet. Jika blog atau web kita sudah dikunjungi sebanyak 1000 pengunjung berarti diri kita sebagai pemilik blog sudah dikenali atau diketahui oleh 1000 orang. Meskipun 1000 orang tidak mengenali kita lebih jauh, tapi minimal ada 100 orang mengenali kita lebih dekat.

Baca juga:  Begini 3 trik dari saya cara mudah untuk mendapatkan inspirasi menulis di blog atau website

Cara membangun personal brand melalui blog atau web sendiri bisa dilakukan dengan membuat tulisan yang menunjukkan keahlian kita. Baik itu tulisan, gambar atau video. Jika kita ahli dalam membahas fashion kita bisa dikenali sebagai fashion blogger. Selain fashion blogger, masih banyak lagi brand image yang bisa kita dapatkan melalui sebuah blog.

5. Bisa Mendatangkan Penghasilan

Memiliki website sendiri atau blog pribadi memang bisa mendatangkan penghasilan. Ada banyak program periklan yang bisa kita ikuti untuk mendapatkan pendapatan sampingan dari blog. Beberapa program periklan yang cukup terkenal diantaranya Google Adsense, Chitika, Tribal Fusion, Infolink, dan banyak lagi.

Selain itu ada program affiliasi Amazon dan beberapa program periklanan lainnya. Ada banyak orang yang berhasil mendapatkan uang jutaan rupiah tiap bulannya berkat program periklannya yang diikutinya. Program iklan yang cukup populer dikalangan para blogger adalah Google Adsense.

Selain yang saya sebutkan diatas kita juga bisa membuka ruang pemasangan iklan banner di web atau blog yang kita miliki dengan menentukan tarif sesuai dengan yang kita inginkan. Ada yang tarifnya perminggu, perbulan dan bahkan ada yang pertahun. Selain banner kita bisa menawarkan jasa advertorial konten atau konten iklan berbayar. Cara ini juga diterapkan oleh blog Maxmanroe.com.

6. Bisa Having Fun Lewat Blog yang Kita Miliki

Banyak orang yang menulis diblog hanya untuk sekedar untuk happy-happy atau senang-senang saja. Lewat blog kita bisa mengekspresikan kreatifitas yang kita miliki seperti bikin gambar unik, bikin cerita lucu, cerita pendek (cerpen), diary lucu, novel dan banyak lagi keisengan lainnya yang bisa ditulis diblog.

Ada kepuasan tersendiri yang bisa kita dapatkan dengan menyalurkan ide dan kreatifitas yang kita miliki ke blog. Plong rasa jika kita punya ide dan bisa disalurkan, tetapi ada semacam beban pikiran jika kita punya ide tapi tidak bisa disalurkan.

Banyak orang sukses lewat blog, padahal pada awalnya mereka hanya iseng-iseng bikin kreasi diblog. Contohnya Raditya Dika yang dulunya suka menulis cerita di blog, sekarang jadi penulis buku cerita humor terkenal.

Baca juga:  6 Bentuk Komentar SPAM yang Bisa Ditemukan di Blog

7. Bisa Membangun Portofolio Lewat Blog

Mungkin banyak yang tidak sadar bahwa dengan kamu bisa membangun portofolio kamu sendiri. Untuk orang Indonesia mungkin cara ini masih asing, tapi orang luar negeri banyak yang menerapkan cara ini.

Misalnya kamu memiliki kemampuan dibidang pembuatan logo, kamu bisa membuat blog yang membahas tentang logo. Jangan lupa juga kamu mencantumkan penghargaan dan pencapaiann yang sudah kamu raih selama ini. Tentunya dengan cara ini akan akan menambah kepercayaan orang-orang dengan keahlian yang kamu miliki. Cara ini diterapkan oleh Jacob Cass.

8. Bisa Menawarkan Jasa yang Kita Miliki

Dengan blog kita bisa menawarkan jasa yang kita miliki kepada orang lain atau kepada korporat (perusahaan atau instansi tertentu). Misalnya jasa menulis di website lain, jasa konsultasi, jasa lain yang bisa kita tawarkan lainnya.

Sebagai contoh ada blogger dari Australia yaitu Jeff Bullas yang cukup terkenal. Dia sering diminta untuk menjadi pemateri seminar bisnis, diminta untuk menjadi konsultan bisnis untuk internet marketing. Sudah tentu bayaran yang didapatkannya tidak sedikit.

9. Dapat Penawaran Gratis

Untuk penawaran gratis seperti ini sering didapatkan oleh para travel blogger, food blogger, fashion blogger. Penawaran gratis ini sebagai bentuk kerjasama antara blogger dengan pihak sponsor.

Cara ini diterapkan oleh travel blogger Barry Kusuma seorang travel blogger yang juga fotografer terkenal. Sebagai fotografer dan juga blogger traveler ia sering mendapatkan kesempatan jalan-jalan gratis keliling Indonesia.

10. Bisa Bermanfaat Bagi Banyak Orang dan Jadi Amal

Menjadi bermanfaat untuk orang lain caranya tidak harus menjadi pahlawan yang namanya dikenang orang. Dengan menulis di blog, tentang hal-hal yang bermanfaat dan bisa dibaca oleh banyak orang juga bisa menjadi orang bermanfaat.

Jika kita tidak bisa memberikan sedekah atau berbagi dengan orang lain dalam bentuk barang, kita bisa berbagi dan sedekah dalam bentuk ilmu. Berbagi ilmu jika dilakukan secara ikhlas, bisa menjadi amal soleh buat diri kita masing-masing.

Kesimpulannya
Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu memiliki blog yang dikelola dengan baik. Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan. Namun manfaat ini tidak akan kamu dapatkan jika kamu tidak konsisten. Selain itu kamu harus fokus pada topik tertentu saja, bukan blog yang topiknya campur-campur.

*)

Artikel yang Serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *